pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home » Kuliner



Informasi Tentang Makanan Saksang

Nanaboom • Kuliner • 8 Aug 2020 • 115 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Bagi kamu yang belum tahu apa itu saksang, saksang adalah makanan khas suku batak dengan olahan daging babi, daging anjing atau daging kerbau. Namun seiring berkembangnya dunia kuliner, saksang juga bisa di sajikan dengan daging sapi.

Jadi, saksang itu halal. Yang tidak halal adalah daging yang di gunakan. Kebanyakan warung makan khas batak (lapo) menjual saksang dengan olahan daging babi dan anjing. Daging sapi mungkin tidak bisa kamu temukan di manapun karena saksang dengan daging sapi biasanya buatan homemade (masakan rumah). Tapi kalau daging kerbau, kebanyakan dijual di Sumatera.

Saksang ini makanan tradisional suku batak. Jadi bagi kamu yang non-muslim, apabila kelak kamu diundang atau masuk ke acara adat batak, pastikan kamu sensitif terhadap makanan di sana. Sebab 90% daging yang digunakan adalah olahan daging babi. Daging babi biasanya dijadikan sop, saksang, panggang, kecap, dll. Karena daging babi paling sering di gunakan sebagai bahan masakan.

Tapi tidak semua orang batak menyukai saksang kok. Karena sebagian orang batak juga beragama Islam. Jadi mereka pasti tetap akan menyajikan saksang serta masakan lain seperti ayam goreng, telur ayam, sayur singkong, ikan teri, dll. Walaupun berbeda agama, namun saksang adalah makanan wajib untuk semua acara adat batak.

Makanan saksang ini memang dipercaya sebagian orang batak memiliki kekuatan supernatural. Hanya saja saya enggan menyampaikannya karena informasi ini masih misteri, belum diketahui siapa penggagasnya.

Oleh karena itu semoga dengan informasi ini, temen-temen bisa mengkreasikan saksang dengan olahan daging lain selain non halal yang tentunya sesuai dengan kepercayaan masing-masing.


Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Informasi Tentang Makanan Saksang




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code