Language : en
English - German - French - Japan - Indonesian - Arabic - Korean - Italy - Spanish - Russian - Dutch

Want To Advertise Or Make Money By Contributing On This Site ? Sign Up Right Now !





Home » Finance



Tips Sederhana Mengatur Keuangan

Ghost Writer - Finance - 2020/08/04 03:16 / 533




Pinterduit.com - TIPS SEDERHANA MENGATUR KEUANGAN YANG AKAN SANGAT BERMANFAAT

Apakah anda termasuk orang yang bingung cari pinjaman saat tanggal tua, gaji bulan kemarin sudah habis tapi gaji bulan belum turun. Atau anda seorang mahasiswa rantau yang ngekost dan menunggu kiriman orang tua, uang kiriman kemarin sudah habis dan belum waktunya dikirim lagi?

Selamat, dengan membaca artikel ini anda akan mendapatkan tips sederhana mengatur keuangan yang akan sangat bermanfaat bagi anda. Anda dijamin tidak akan kebingungan lagi di akhir bulan. Gaji kemarin belum habis sudah gajian lagi.

Apa saja tips keuangan tersebut, mari kita bahas dari yang paling mudah dilakukan. Diharapkan setelah melakukan tips ini anda tidak akan lagi bingung mencari pinjaman saat akhir bulan, apalagi terkena jerat rentenir.



HEMAT KEUANGAN DIMULAI DARI MAKANAN

Ya ini adalah hal sederhana yang dapat anda lakukan namun hasilnya akan cukup efektif. Yaitu dengan melakukan penghematan di bidang makanan. Jika anda biasanya makan makanan enak makanan mewah dengan harga mahal di restaurant mahal. Usahakan untuk mendowngrade gaya hidup anda di bidang makanan. Sukur sukur anda dapat melakukan ini, tidak pernah makan diluar tapi memasak masakan sendiri.

Dengan memasak masakan sendiri anda akan bebas menentukan budget dan anda akan menghemat biaya koki karena anda sendiri yang memasaknya. Anda bisa memasak sendiri dengan budget yang murah misalnya dengan menu nasi + telor. Jika membeli makanan diluar minimal seharga Rp 10.000 maka dengan memasak nasi telor sendiri mungkin kira kira budget anda akan hemat 50% dan cukup membutuhkan Rp 5000 saja. Harga nasi Rp 1500 , telor Rp 2.000 , minyak goreng Rp 500, gas Rp 500 , bahkan totalnya tidak lebih dari Rp 5.000 jika terasa kurang mantap, anda bisa menambahkan sambal atau kecap sebagai penggugah selera makan.

Trik lain yang pernah kita bahas pada artikel lain juga sangat bermanfaat yaitu menghemat keuangan dengan cara membuat menu masakan yang banyak kuahnya, seperti soup dengan sedikit potongan kentang dan potongan daging sebagai penggugah rasa. Karena sebagian besar bahannya adalah air maka akan dapat menghemat budget dan hasilnya melimpah, sekali masak dapat digunakan untuk lebih dari 5x porsi penyajian.

Selain itu anda juga bisa menanam sendiri sayuran sederhana di dalam pot menggunakan botol bekas, seperti daun bawang dan sebagainya. Ini adalah tips sederhana namun dapat berdampak besar pada keuangan anda. Atau anda bisa juga membuat sambal tomat goreng yang diawetkan dengan cara disiram minyak goreng mendidih dan menyimpannya di dalam botol kaca kedap udara. Sambal ini bisa bertahan cukup lama yaitu sekitar 1 bulan. Anda dapat menggunakannya sedikit demi sedikit sebagai campuran pengundang selera makan.




HEMAT KEUANGAN DENGAN MEMANFAATKAN PROMO DAN DISKON DI MINIMARKET

Saya rasa untuk saat ini hampir semua minimarket besar seperti Indomaret dan Alfamart selalu ada promo dan diskon menarik. Mereka selalu memberikan diskon seperti beli 1 gratis 1 , beli senilai sekian dapat potongan harga sekian, atau juga barang yang overstock biasanya dijual lebih murah apalagi yang mendekati expired bisa dijual dengan harga setengahnya alias diskon hingga 50%

Dengan memanfaatkan diskon dan promo ini tentu saja akan menghemat budget anda, jangan abaikan hal kecil ini. Karena dengan memanfaatkan promo dan diskon itu akan sangat menghemat keuangan kita.

Promo dan diskon ini hampir setiap hari pasti ada, kelilingi saja lorong rak barang sampai anda menemukan banner banner bertuliskan diskon, promo, beli 1 gratis 1. Jika anda tidak menemukannya jangan malu dan ragu untuk bertanya kepada kasir atau pegawai yang sedang berjaga ,mereka pasti hafal . Tanya saja begini “Mbak lagi ada promo apa sekarang, minyak, gula atau apa sekarang yang lagi promo”. Pasti dengan senang hati Mba kasir akan mengantarkan anda atau mencari di database komputer tentang promo dan diskon yang sedang berlangsung.

Contoh promosi yang dapat anda manfaatkan
Beli 2 gratis 1
Beli gula 1kg gratis teh celup
Belanja minimal Rp 50.000 anda berhak mendapatkan potongan harga 30% untuk pembelian minyak goreng



Minimarket tempat anda mendapatkan promosi
Indomaret
Alfamart
Carrefour




HEMAT KEUANGAN DENGAN MEMBIASAKAN MEMBUAT BUDGET BULANAN DAN DAFTAR BELANJA
Satu hal lagi yang harus anda kuasai agar mampu merencanakan keuangan dengan baik adalah dengan membuat budget bulanan. Budget bulanan adalah daftar catatan pemasukan dan pengeluaran uang selama sebulan, dan jangan sampai anda melanggar budget maksimal yang sudah anda buat.

Berikut adalah contoh budget bulanan

Pemasukan
Pemasukan dari gaji Rp 2.000.000

Pengeluaran
Makan Rp 20.000 x 30 = Rp 600.000
Bensin Rp 300.000
Sewa Kost Rp 600.000
Keperluan bulanan (sabun, sampo, detergent, dll) Rp 200.000
Lain-lain (sumbangan hajatan, beli baju baru) Rp 300.000


Lakukan hal yang sudah disepakati diatas , jangan sampai melenceng, budget makan malah habis Rp 900.000

Dengan membuat budget tersebut setidaknya kita bisa mengatur keuangan untuk post post yang sudah ditetapkan, jika anda berencana menaikkan budget post tertentu maka anda harus punya pasangan post lain yang dikurangi.


Membuat daftar belanja

Ini hampir sama dengan membuat budget bulanan , namun catatan ini dipakai hanya untuk ketika kita akan belanja untuk keperluan bulanan kita. Sebelum berjalan menuju minimarket anda sebaiknya harus membuat catatan agar uang yang kita bawa cukup dan tidak merembet rembet membeli barang lain. Kan sering kita dari rumah rencana beli beras sampai di jalan kok melihat sepatu atau baju bagus dan akhirnya belok, tidak jadi beli keperluan bulanan malah beli baju atau sepatu tersebut.



BELANJA APA YANG KAMU BUTUHKAN BUKAN APA YANG KAMU INGINKAN

Ini sering tidak kita sadari bahwa kita telah membeli sesuatu yang tidak kita butuhkan dan hanya kita inginkan. Contoh sederhananya adalah kita masih punya sepatu dan sepatu lama masih bagus namun kita menginginkan membeli lagi sepatu baru. Jika hanya mempunyai 2 sebagai cadangan itu sepertinya masih batas wajar namun jika mempunyai sampai 4 sepatu yang jarang dipakai itu bisa dianggap sebagai pemborosan dan membeli sesuatu yang kita inginkan tapi tidak kita butuhkan.

Contoh sederhana lainnya adalah kita mempunyai smartphone yang fiturnya dan spek masih memadai untuk dipakai menunjang aktifitas kita namun kita selalu membeli yang baru dan mengikuti model terbaru. Jika dituruti ini tidak akan ada habisnya karena akan selalu keluar model baru. Begitu juga dengan motor dan mobil kita selalu menginginkan model terbaru up to date padahal model lama masih bisa diandalkan.



DAPATKAN PART TIME JOB

Hal yang sudah banyak dilakukan untuk membackup keuangan kita adalah dengan bekerja paruh waktu (part time). Ini juga sudah banyak dipraktekkan oleh para mahasiswa mereka mendapatkan pemasukan tambahan dengan menjadi karyawan paruh waktu seperti di warnet, kafe, restoran dan minimarket.

Dengan bekerja paruh waktu kita akan mempunyai cadangan dan tambahan kas saat gaji atau kiriman dari orang tua belum turun. Kelebihan kerja paruh waktu adalah kita tetap dapat melakukan aktivitas / pekerjaan utama kita. Kelebihan lainnya adalah lowongan kerja part time biasanya syaratnya lebih mudah, asalkan niat dan dapat bekerja langsung diterima tanpa harus memakai syarat yang bertele-tele.

Demikianlah tips sederhana mengatur keuangan yang akan sangat bermanfaat bagi anda, jika anda punya tambahan ataupun pertanyaan silahkan tuliskan tanggapan anda di kolom komentar dibawah ini.

Penulis: Eri Nurdiyanto

Related Post

  • Cara Deposit RDN IPOTGO
  • Review Indopremier Sekuritas
  • Kisah Sukses Pemilik CLEO Air Mineral
  • Analisa Bisnis Franchise Rice Bowl
  • Kode Broker Anggota BEI Lengkap
  • Cara Membuat Akun Webmoney
  • Auto Kaya Saat Tua
  • Gaya Hidup Hemat Orang Jepang
  • Pengertian IPO Saham
  • Cepat Menghasilkan Uang








  • Sponsor