pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home » Kuliner



12 Makanan Tidak Terkenal Tapi Enak

erwinsyah • Kuliner • 13 Aug 2020 • 43 Dilihat • publish




Pinterduit.com - 12 Makanan ini punya reputasi buruk, padahal rasanya enak banget

Setiap daerah dan negara itu memiliki makanan khas. Kadang-kadang ciri khas itu terletak pada bahan dan cara pengolahan yang tidak biasa. Sebuah keunikan dalam seni memasak bisa jadi malah dianggap menjijikkan di daerah lain.

Di negara kita ada durian yang dianggap sebagai rajanya buah-buahan. Tetapi di negara-negara non-Asia Tenggara buah berduri tajam ini memiliki reputasi sebagai salah satu makanan beraroma paling busuk di dunia.

Di negara-negara barat pun ada makanan yang bagi orang Asia tergolong menjijikkan. Ada yang mendapatkan reputasi demikian karena rasanya yang tajam, bahannya tak biasa, atau terbuat dari bahan pangan yang bisa membahayakan kesehatan.

Apa saja makanan-makanan dengan reputasi buruk yang dikenal dunia saat ini? Makanan apa saja yang berasal dari Indonesia?

Jengkol


Satu lagi makanan yang banyak dibenci sekaligus dicintai para penikmat kuliner. Archidendron pauciflorum alias jengkol. Biji berukuran besar yang dikenal dengan nama dog fruit di barat ini memiliki aroma yang sangat tajam dan menyengat hidung. Pengolahannya pun tak mudah, karena aroma jengkol sangat sulit untuk dihilangkan. Biasanya setiap keluarga memiliki resep rahasia tersendiri untuk mengolahnya.

Sebenarnya jengkol bersifat diuretik, dapat melancarkan air seni dan mencegah diabetes jika dikonsumsi dalam jumlah tepat. Walaupun begitu polong yang satu ini juga mengandung sejenis asam yang bisa menyebabkan pengkristalan pada saluran kencing atau keracunan jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan atau saat kondisi tubuh sedang tidak prima.

Selain itu, aroma menyengat jengkol bisa menyebabkan mulut, keringat, tinja, dan air seni berbau tidak sedap. Padahal rasanya sendiri benar-benar enak. Apalagi kalau diolah menjadi semur atau balado.

Lompong


Sayur lompong.

Apa itu lompong? Ini adalah batang talas atau keladi yang masih muda. Jika dimasak rasa dan penampilannya mirip dengan terong hijau dan sayur genjer, walaupun tidak benar-benar sama.

Lompong bisa menjadi bahan makanan yang lezat dan terjangkau. Gizinya pun cukup lengkap, mulai dari Kalium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, hingga fosfor. Apalagi seratnya juga cukup tinggi.

Masalahnya lompong menyimpan getah yang bagi beberapa orang bisa menimbulkan reaksi alergi. Bagi yang benar-benar alergi, getah lompong yang sudah dimasak pun bisa menyebabkan luka pada mulut dan kerongkongan. Jadi hati-hati saat menyantap sayur yang satu ini.

Pare


Pare yang juga dikenal dengan nama bitter melon atau bitter gourd merupakan salah satu bahan makanan yang cukup populer di seluruh dunia. Sayur lonjong bergerigi ini bisa ditemukan dalam kuliner Eropa, Afrika, Oriental, Timur Tengah, maupun Melayu. Walaupun begitu pare juga termasuk sayuran yang paling dibenci anak-anak, karena memiliki rasa yang sangat pahit.

Pahitnya pare akan menjadi semakin getir jika tidak diolah dengan benar. Selain itu pemilihan pare yang terlalu besar atau sudah tua juga akan menghasilkan masakan yang pahit. Walaupun begitu, konsumsi pare tidak pernah surut karena khasiatnya memang tinggi.

Dengan pengolahan yang benar, rasa pahit pare akan tersamarkan. Apalagi kalau diolah menjadi siomay Bandung. Pasti siapa pun bisa menyantapnya dengan nikmat.

Durian


Durian merupakan salah satu buah yang paling digemari di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Di tiga negara ini kita bahkan bisa mendapatkan berbagai varietas durian unggul yang memiliki rasa paling sedap atau daging paling tebal. Tentu tak mengherankan jika buah berduri ini juga diolah menjadi berbagai panganan favorit.

Dari segi penampilan, orang-orang barat biasanya enggan dengan penampilan buah durian yang tampak membahayakan dengan duri tajamnya. Namun yang paling tak tertahankan bagi mereka adalah aromanya yang sangat menyengat. Durian bahkan disejajarkan dengan hakarl (Islandia) dan kusaya (Jepang) yang disebut-sebuh sebagai makanan berbau paling busuk di dunia.

Orang Indonesia sendiri cukup banyak yang 'alergi' dengan aroma tajam durian. Tak sedikit yang sampai pusing atau mual-mual hanya karena mencium aromanya dari kejauhan. Apalagi jika ada anggota keluarga yang menyantap durian. Aromanya masih tertinggal di kamar mandi hingga keesokan harinya.

Choudoufu


Disebut choudoufu tetapi orang-orang di luar negeri Tiongkok lebih akrab dengan sebutannya dalam bahasa Inggirs, yaitu stinky tofu (tahu bau). Sesuai dengan namanya, choudoufu memiliki aroma yang sangat tajam. Menurut artikel dari BravoTV - The Feast, aroma choudoufu mirip dengan 'saluran pembuangan'. Tak heran kalau vlogger-vlogger kuliner ekstrem pun tak sampai hati buat menyantapnya.

Entah apa yang menyebabkan choudoufu begitu populer di China. Satu yang pasti, ini termasuk salah satu kuliner tradisional di negara tersebut. Choudoufu dibuat dari tahu yang dibalur dengan susu fermentasi, daging, sayuran, dan ikan laut dalam waktu lama. Kadang-kadang sampai keluar belatung dari permukaannya.

Gurita mentah


Bagi sebagian orang yang tidak biasa menyantapnya, tentakel gurita yang memiliki banyak tonjolan memang terlihat kurang membangkitkan selera. Selain itu gurita mentah yang disajikan utuh seperti di Jepang dan Korea Selatan juga termasuk kuliner ekstrem. Tak hanya bentuknya yang lumayan ngeri, gurita mentah biasanya juga disajikan dalam keadaan mati suri. Saat disiram saus tentakelnya akan bergerak-gerak seperti cacing. Saat masih menggeliat di atas piring potongan gurita harus segera disantap.

Menyantap gurita yang masih bergerak-gerak bisa membahayakan nyawa, karena risiko tersedak yang ditimbulkannya. Tak jarang salah satu tonjolan di tentakel gurita mengisap dinding kerongkongan orang yang memakannya. Dan itu masih belum ditambahi dengan masalah kebersihan di restoran-restoran penyedia gurita mentah yang tak selalu terjamin.

Terlepas dari semua citra negatif yang dimilikinya, gurita mentah sebenarnya memiliki rasa yang lezat. Daging gurita mentah cenderung kenyal seperti jeli yang sangat padat. Jika disantap bersama minyak wijen, saus ikan, atau kecap asin dengan cincangan bawang putih rasanya cukup unik.

Boudin noir


Boudin noir merupakan jenis sosis yang dikenal dalam kuliner Prancis dan negara-negara sekitarnya, antara lain Belgia, Jerman, dan Luksemburg.

Secara harfiah, boudin noir berarti sosis hitam. Bentuknya mirip dengan haggis atau black pudding yang berasal dari Inggris. Boudin noir memiliki warna hitam dengan isi berupa daging tumbuk dengan warna coklat gelap. Aromanya pun sangat tajam, sehingga wisatawan asing yang mengunjungi Prancis sering salah duga itu adalah sosis busuk.

Sebenarnya boudin noir memiliki warna hitam pekat aroma yang tajam karena dibuat dari darah dan lemak punggung babi yang sudah melalui proses fermentasi alami. Tetapi bagi sebagian besar penikmatnya makanan ini termasuk salah satu olahan daging paling lezat dalam masakan Prancis.

Foie gras


Bagi yang sudah pernah mencicipi, katanya foie gras termasuk salah satu makanan terlezat di dunia. Foie gras disebut memiliki rasa yang kaya, lembut, dan berlemak seperti mentega. Tidak seperti masakan hati bebek pada umumnya.

Bahan makanan ini termasuk panganan mewah yang menjadi bintang dalam khazanah seni adiboga (haute cusine) Prancis.

Foie gras dibuat dari hati bebek atau angsa yang diberi makan secara paksa selama belasan hari hingga membengkak berkali-kali lipat. Pembuatannya yang tergolong ekstrem membuat foie gras dituding sebagai makanan sadis.

Para pecinta binatang menyebutnya sebagai penyiksaan terhadap satwa dan meminta Prancis untuk melarang peredaran dan produksi bahan makanan ini. Walaupun begitu, pemerintah Prancis tidak menggubrisnya. Menurut undang-undang, makanan ini justru dianggap sebagai warisan gastronomi dan tradisi Prancis.

Ikan buntal


Ikan buntal yang di Jepang lebih populer dengan nama ikan fugu disebut-sebut sebagai salah satu warisan kuliner tertinggi negeri sakura. Tak hanya karena rasanya yang luar biasa, ikan buntal juga harus disiapkan secara khusus. Hanya koki yang memiliki sertifikat resmi dari negara bisa mengolah ikan berduri ini.

Pengolahan ikan buntal yang ekstra hati-hati disebabkan karena racun tetrodotoxin yang terkandung di tubuhnya. Racun ini memiliki reputasi sebagai pembunuh yang sangat kuat. Tak sedikit penikmat sashimi ikan fugu yang mengalami gagal jantung dan meninggal di tempat karena terpapar racun. Kabarnya, tetrodotoxin juga yang menewaskan Kim Jong-nam, saudara tiri penguasa Korea Utara, Kim Jong-un.

Ttongsul


Ttongsul adalah jenis minuman yang membuat banyak orang penasaran, tetapi juga membuat dahi berkerut karena jijik. Bagaimana tidak, karena minuman ini dibuat dari air fermentasi tinja manusia. Tentu banyak orang yang bergidik ngeri setelah mengetahui asal-usulnya.

Menurut Vice Japan, ttongsul yang berarti 'arak tinja', sesuai namanya dibuat dari bahan dasar feses manusia. Arak ini merupakan minuman kesehatan tradisional Korea. Saat ini sudah sangat jarang ditemui. Bahkan orang Korea pada umumnya pun banyak yang tak mengetahui perihal minuman ini. Minuman ini diperkenalkan kepada publik dunia pertama kali berkat reportase Yuka Uchida dari Vice Japan pada tahun 2013 lalu.

Menurut laporan tim Rocketnews24 yang mencoba minuman ini, meskipun dibuat dari kotoran yang normalnya berbau busuk ttongsul justru tidak berbau seperti kotoran. Minuman ini bahkan tidak berbau sama sekali. Selain itu ttongsul juga disebut baik untuk kesehatan tubuh.

Trites


Jika diminta untuk mendeskripsikan trites secara singkat, barangkali lebih banyak yang menyebutnya sayur dari kotoran sapi. Dan penjelasan ini sudah cukup untuk membuat siapa saja batal mencoba trites. Padahal sebenarnya trites tidak benar-benar dibuat dari feses sapi.

Makanan yang jadi salah satu warisan kuliner tanah Karo, Sumatera Utara ini adalah sejenis sayur berkuah dengan warna coklat pekat. Rasanya pahit, sebab dibuat dari isi perut sapi yang belum mencapai usus besar. Jadi masih berupa rumput dan dedaunan yang belum dicerna dengan sempurna.

Trites biasa dihidangkan pada acara-acara besar atau pesta. Meskipun pahit, konon rasanya sangat khas dan baik untuk kesehatan.

Keju limburger


Keju limburger termasuk salah satu jenis keju dengan aroma paling tak sedap di dunia. Tak mengherankan, sebab susu yang menjadi bahan utama keju difermentasikan dengan Brevibacterium linens. Ini adalah bakteri yang menjadi penyebab bau ketiak dan kaki pada manusia. Jangan heran kalau orang barat sendiri mendeskripsikan aromanya seperti kaki yang bau.

Keju limburger diproduksi di kawasan yang dulunya bernama Limburg, kini menjadi bagian Jerman, Belanda, dan Belgia. Saat masih baru matang, keju limburger memiliki tekstur seperti keju feta. Setelah enam minggu, bagian pinggirnya mulai lunak. Saat mencapai usia tiga bulan, keju mulai mengeluarkan aroma busuk berkat uraian bakteri yang digunakan untuk membuatnya.

Semoga Bisa menambah wawasan danungkin saalah satu menu diatas telah kamu coba Pastinya.salam hangat selalu.

Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul 12 Makanan Tidak Terkenal Tapi Enak




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code