Apakah Air Hujan Bagus Untuk Ikan Cupang ?

 Bagi saya timbul pertanyaan apakah air hujan bagus untuk ikan. Entah itu ikan kecil seperti cupang, guppy, molly atau ikan besar seperti koi, nila, lele dsb. Dan setelah saya cari tahu info nya ternyata air hujan kurang bagus untuk ikan.


Dampak Air Hujan Terhadap Ikan


Air hujan atau saat musim hujan punya dampak terhadap kesehatan ikan. Saat musim hujan atau kolam diisi dengan air hujan akan menyebabkan banyak ikan yang sakit bahkan mati. Kenapa bisa begitu ? berikut penjelasannya.

Alasan Air Hujan Tidak Baik Untuk Ikan


Air hujan itu bersifat asam dan Ph nya rendah. Pasti anda pernah kan mencuci baju atau mandi pakai air hujan, walau dibilas berkali kali sabun masih tetap licin. Itu karena air hujan pH nya rendah dan tidak mengandung mineral. Ini menyebabkan gampang tumbuh jamur yang dapat mengganggu kesehatan ikan. Membuat busuk partikel dalam air dan meningkatkan kadar amoniak. Ditambah lagi sinar matahari yang kurang saat musim hujan menyebabkan jamur dan parasit berkembang pesat, ikan yang kekebalan tubuhnya jelek akan gampang sakit dan mati.

Cara Mengatasi Air Hujan Untuk Ikan


Untuk menetralkan pH air bagi ikan hias seperti cupang biasanya digunakan air rendaman daun ketapang dan ditambah dengan garam ikan. Ini berfungsi untuk menetralkan pH air, menyerap racun dalam air, meningkatkan kadar oksigen dalam air, dan membunuh jamur parasit.

Penutup


Demikian pembahasan mengenai apakah air hujan bagus untuk ikan. Semoga bermanfaat