Penyebab Tamper PLN Menyala Dan Cara Memperbaiki

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kisah mengenai meteran PLN yang error, muncul tulisan periksa , led tamper menyala dan tidak bisa input token.

Penyebab Tamper PLN Menyala


Kejadiannya begini, waktu itu installasi listrik rumah sedang direnovasi, stop kontak , saklar yang sudah tua, usianya lebih dari 20 tahun dan juga kabel daleman yang berantakan diperbarui lagi.

Ketika akan mengetest jaringan sudah benar atau belum kadang kabel plus dan minus disentuhkan, untuk mengecek apakah MCB ngetrip / jeglek. Karena lebih dari 3x di korsletkan untuk mengecek installasi maka meteran PLN menjadi nyala led tamper nya. Tamper ini adalah mekanisme dari meteran PLN yang melindungi meteran PLN ketika ada sesuatu yang tidak beres seperti korsleting dan sebagainya.

Lampu indikator tamper menyala tapi listrik di rumah masih tetap menyala dan bisa dipakai seperti biasa. Tapi kendalanya adalah saat akan menambah pulsa listrik selalu muncul keterangan gagal dan tidak bisa menginput token.

Cara Mengatasi Lampu Tamper Meteran PLN Menyala


Cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan kode clear tamper, kode ini hanya petugas PLN yang bisa mengetahui nya. Maka dari itu kita harus mengadukan ke PLN melalui telp 123 dan kode area anda, atau melalui aplikasi PLN android bebas mau lewat mana,nanti selang 5 jam biasanya petugas PLN akan datang mengecek, sebelum mengecek biasanya petugas telpon dulu ke kita menanyakan apakah ada orang di rumah.

Kode Clear Tamper PLN


Setelah petugas PLN datang ya cuma ngobrol tanya tanya sebentar lalu memasukkan kode clear tamper dan beres, meteran PLN sudah normal kembali. Sebelum petugas datang siapkan saja token listrik 20 ribu buat ngetest diinput ke meteran.

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar: