Berapa Lama Telur Ikan Cupang Menetas ? Ini Jawabannya

Bagi saya sendiri dan mungkin para breeder cupang bertanya tanya berapa lama telur ikan cupang menetas. Apakah harus nunggu 9 bulan 10 hari seperti manusia? Tentu tidak. Telur ikan cupang menetas hanya dalam waktu 1 hari saja, dan maksimal ada yang sampai waktu 3 hari. Karena dipengaruhi berbagai faktor.

Telur Ikan Cupang Menetas Dalam Waktu 1 Sampai 3 Hari


Normalnya dalam waktu 1x24 jam saja telur ikan cupang sudah menetas. Dan ada beberapa kasus sampai maksimal 3 hari baru menetas. Jika lebih dari 3 hari maka artinya telur ikan cupang gagal menetas.

Penyebab Ikan Cupang Gagal Menetas


Berikut ini beberapa alasan yang menyebabkan telur ikan cupang gagal menetas.

Pembuahan Gagal


Telur ikan cupang gagal menetas bisa jadi karena proses pembuahan yang gagal. Sama seperti manusia. Ibaratnya sel sperma jantan atau sell telur betina tidak subur. Bahasa manusianya "mandul" atau karena kondisi indukan sedang tidak dalam kondisi fit dan sehat.

Suhu Terlalu Dingin Atau Panas


Suhu air yang terlalu dingin menyebabkan telur tidak berkembang sempurna bahkan membeku. Atau suhu air terlalu panas juga menyebabkan telur mati dan membusuk. Maka dari itu dibutuhkan suhu air yang normal agar telur ikan cupang dapat menetas dengan baik.

Serangan Jamur


Karena suhu air yang terlalu rendah menyebabkan jamur berkembang dengan pesat sehingga telur terserang jamur dan rusak gagal menetas.

Kualitas Air Buruk Banyak Bakteri Dan Racun


Kualitas air yang buruk juga menyebabkan telur ikan cupang gagal menetas. Misalnya memberi pakan cupang induk jantan berlebihan dan sisa pakan membusuk membuat air kotor beracun.

Penutup


Demikian penjelasan berapa lama telur ikan cupang menetas dan tambahan informasi terkait lainnya semoga bermanfaat. sekian