Pinterduit.com


Cara Memulai Blog Tanpa Modal Uang




Kali ini kita akan membahas bagaimana cara memulai blog tanpa modal uang untuk membeli hosting, membeli domain, membeli laptop dsb.

Memulai Blog Tanpa Modal Uang



Sebelum blog kita sukses dan menghasilkan uang lalu bagaimana cara kita memulai blog jika tidak punya uang. Untuk hosting, domain saja kita harus bayar per tahun. Lalu bagaimana cara kita memulai blog tanpa modal uang ? Berikut adalah tips nya.

Gunakan HP Android Anda Untuk Menulis Blog



Menulis blog memang enak memakai laptop atau desktop untuk mengedit template, edit code dan sebagainya. Namun bagaimana jika kita belum punya uang untuk membeli laptop ? Solusinya adalah gunakan hp anda, pasti kalian punya dong hp yang kalian pakai sehari hari untuk main game mobile legends, clash of clans. Ya memang kurang memadai tapi cukup dengan menggunakan hp kalian sudah bisa mulai menulis sebuah blog.

Gunakan Platform Blog Gratisan



Jika kalian belum punya dana untuk membeli domain dan menyewa hosting. Anda dapat memanfaatkan platform gratisan seperti blogger atau wordpress. Fiturnya juga cukup lengkap dan memadai.

Kelemahan Platform Gratisan



Platform blogging dengan domain gratisan mempunyai kelemahan yaitu alamat blog kita kurang mendapat reputasi. Beberapa layanan jaringan periklanan memberikan syarat bahwa domain yang kita gunakan harus TLD (top level domain ) seperti .com .net .org
Memang ada domain gratisan dari freenom misalnya (.tk .ga .cf) namun tetap tidak direkomendasikan karena domain ini banyak diblokir dan sulit mendapatkan ranking di mesin pencari seperti google.

Bergabung Dengan Platform Guest Post



Cara selanjuntya adalah bergabung sebagai penulis di platform menulis online yang membayar tulisan kita seperti babe, kaskus kreator, kompasiana, idntimes, atau pinterduit. Jadi kita tidak butuh modal beli domain dan hosting, cukup fokus menulis sesuai keahlian kita.

Kelebihan Guest Post Dibayar



Kelebihan menjadi penulis guest post adalah kita tidak perlu membayar sewa hosting dan domain, tidak perlu optimasi SEO, dan kelebihan lainnya adalah domain sudah mempunyai rank DA dan backlink sehingga kita tidak perlu membangun blog dari awal.

Penutup


Demikian tips cara memulai blog tanpa modal uang yang dapat anda coba. Semoga bermanfaat.