Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Kali ini kita akan membahas mengenai cara menulis artikel yang baik dan benar. Agar artikel nyaman dibaca dan juga bermanfaat. Dan untuk mewujudkan hal itu berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan untuk membuat artikel yang baik dan benar.

Penulisan Judul


Artikel yang baik dimulai dengan penulisan judul yang benar. Kapitalisasi huruf juga harus diperhatikan. Gunakan kapitalisasi yang benar. Huruf besar dipakai saat awal kata. Contoh Cara Membuat Artikel Yang Baik Dan Benar ini adalah contoh penulisan judul artikel yang benar. Sedangkan contoh penulisan judul yang salah berikut ini contohnya.

CARA MEMBUAT ARTIKEL YANG BAIK DAN BENAR

Huruf capslock semua pada judul termasuk tidak sopan dan terkesan arogan, spam dan ingin paling terlihat sendiri.

cara membuat artikel yang baik dan benar

Judul dengan huruf lowercase semua juga tidak baik karena membuat rancu. Apakah itu sebuah judul artikel atau hanya sekedar coretan vandalisme atau malah itu merupakan isi artikel.


Pembukaan


Artikel yang baik harus mempunyai pembukaan atau intro. Ini berguna untuk memberitahukan kepada pengguna sebuah gambaran awal mengenai hal apa yang akan kita bicarakan. Sebagai contoh, anda mengajak bicara teman anda "eh rasanya enak, harganya murah, dapat banyak" Teman anda pasti akan bingung apanya yang rasanya enak. Maka dari itu percakapan harus dibuka terlebih dahulu , contohnya "Halo bro saya mau cerita nih tentang bakso di Jl. blablabla. Rasanya enak,harga murah, dapat banyak loh". Dengan demikian lawan bicara tidak akan bingung mengenai apa yang akan disampaikan.

Memenuhi 5W 1H


Artikel yang baik harus menuntaskan keingintahuan pembaca dan akan sempurna jika memenuhi unsur 5W 1H (what, who, when,why,where,how). Artikel yang baik harus bisa menjawab apa,siapa, dimana, kenapa,kapan, bagaimana. Contohnya anda memberitahu teman anda "Ada kecelakaan" titik. Teman anda pasti ingin tahu, kapan dimana siapa kenapa bagaimana. Maka dari itu artikel yang sempurna harus memenuhi unsur 5W 1H

Gunakan Bahasa Baku Dan Ejaan Yang Disempurnakan


Artikel yang baik dan benar harus menggunakan bahasa baku dan ejaan yang disempurnakan. Jangan sampai anda menggunakan bahasa alay atau bahasa sepermainan anda. Berikut contoh bahasa yang salah H4r1 in1 gu3 m4u cerit4 n1ch , contoh yang benar Hari ini saya ingin bercerita

Gunakan Text Formatting Yang Benar


Artikel yang baik dan benar menggunakan text formatting seperti cetak tebal, garis bawah, cetak miring, heading dan lain lainnya dengan benar dan sesuai tempatnya. Misalnya pada kata kata yang ingin dipertegas, istilah bahasa asing, penyebutan merk dsb. Penempatan teks formatting yang salah justru akan merusak tampilan artikel.

Tutup Artikel


Untuk mempertegas bahwa artikel telah ditutup maka gunakan sebuah penutup artikel yang menjelaskan bahwa artikel telah selesai atau bersambung. Penutup dapat berupa 1 kata pendek Sekian atau Bersambung. Artikel yang belum ditutup akan membuat pembaca tidak yakin apakah artikel ini sudah selesai ditulis, hilang di tengah jalan, terhapus di tengah jalan atau masih ada kelanjutannya lagi.

Penutup


Demikianlah pembahasan cara menulis artikel yang baik dan benar. Diharapkan setelah membaca tulisan ini anda akan lebih mampu membuat artikel yang berkualitas, baik , benar dan nyaman dibaca.

Sekian.

Tidak ada komentar: