Pinterduit.com


Dampak Bitcoin Halving




Pernah dengar bitcoin halving ? jika belum maka setelah membaca artikel ini anda akan tahu apa itu bitcoin halving dan dampaknya bagi harga bitcoin.

Bitcoin adalah salah satu perintis mata uang virtual (cryptocurrency) yang bersifat decentralized dan juga anonymous. Yang diciptakan oleh nama samaran Satoshi Nakamoto.

Selain tak terpusat dan anonymous, masih ada lagi fitur yang ditanamkan pada bitcoin yaitu sebuah fitur yang bertujuan untuk melawan inflasi dari bitcoin. Inflasi sendiri artinya adalah penurunan nilai karena naiknya harga barang barang. Fitur itu disebut dengan event bitcoin halving.

Pengertian Bitcoin Halving

Bitcoin halving adalah event dimana reward untuk para penambang bitcoin dikurangi setengahnya. Misalkan reward sebelumnya adalah 6 BTC per block maka setelah halving hanya akan menjadi 3 BTC per block. Halving diambil dari kata half yang artinya separuh / setengah.

Dampak Bitcoin Halving Bagi Harga Bitcoin

Diharapkan dengan halving bitcoin ini maka harga bitcoin akan naik secara teratur melawan inflasi . Namun pada kenyataannya tidak selalu begitu karena harga bitcoin dalam jangka pendek bisa dimainkan (pump and dump) oleh para cukong (whales), spekulan bitcoin dengan modal besar.

Kapan Jadwal Bitcoin Halving

Event bitcoin halving bukan ditentukan berdasar tanggal secara eksak. Namun bitcoin halving terjadi setiap 200.000 block bitcoin yang sudah ditambang. Karena tingkat kesulitan (difficulty) dari mining semakin naik. Maka jadwal waktu bitcoin halving ini lama lama frekuensi nya juga semakin panjang Misalnya setiap 1 tahun sekali, berikutnya setiap 2 tahun sekali, berikutnya lagi setiap 3 tahun sekali dan seterusnya. Anda dapat menggunakan website online bitcoin halving countdown schedule untuk melihat perkiraan waktu terjadinya bitcoin halving.


Demikian penjelasan mengenai bitcoin halving, dampak bagi harga bitcoin dan kapan waktu jadwal terjadinya bitcoin halving.