Pengertian 51% Attack Dalam Dunia Blockchain

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas pengertian 51% attack pada blockchain bitcoin dan koin lain, bagaimana cara kerjanya dan apa dampaknya.



Pengertian Blockchain



Blockchain adalah sebutan untuk ledger (buku besar) dari sebuah koin cryptocurrency yang berisi catatan semua transaksi dari sejak pertama kali diciptakan. Data pada blockchain hanya bisa ditambah saja. Sedangkan data transaksi terdahulu tidak bisa diubah atau dihapus. Sehingha disebutlah sebagai rantai blok (blockchain)



Pengertian 51% Attack



51% attack adalah sebutan untuk sebuah tindakan untuk menyerang celah kelemahan pada blockchain untuk sebuah tujuan memanipulasi transaksi di dalam.blockchain.



Cara Kerja 51% Attack



Cara kerja 51% attack adalah dengan cara menguasi lebih dari 50% hash power / mining power dari sebuah blockchain sehingga penyerang dapat mencegah miner lain untuk melakukan konfirmasi transaksi. Sehingga penyerang mempunyai kesempatan melakukan double spending bitcoin. Double spending adalah semacam mengirim saldo koin sebanyak 2x namun hanya menghabiskan 1x koin.



Kasus 51% Attack Yang Pernah Terjadi



Kasus 51% pernah terjadi pada blockchain Bitcoin Gold (BTG) menyebabkan kerugian sekitar 18 juta dollar saldo BTG. Blockchain yang masih muda rawan terkena serangan 51% attack ini.



Penutup



Demikianlah pengertian, cara kerja dan dampak dari 51% attack pada blockchain cryptocurrency bitcoin dan koin lainnya. Semoga bermanfaat