Pengertian DeFi (Decentralization Finance) Di Dunia Bitcoin

DeFi adalah kepanjangan dari decentralization finance , yang dimaksud DeFi disini adalah istilah untuk menyebut layanan keuangan seperti pinjam meminjam, investasi dan pertukaran mata uang yang berjalan menggunakan teknologi blockchain.

Jika jasa keuangan model lama harus ada izin dan mengikuti peraturan pemerintah dan data nya tersimpan di server bank misalnya. Namun DeFi tidak diatur oleh pemerintah manapun. Sehingga setiap orang bisa menjadi pemberi pinjaman, debitur, kreditur, investor atau liquidity provider. Sehingga lebih bebas bertransaksi keuangan lintas negara.

Beberapa Proyek DeFi Populer



Berikut ini beberapa contoh proyek DeFi yang sedang naik daun. Ada layanan finance dan platform pertukaran coin yang berjalan diatas blockchain.

Yearn Finance / YFI



Yearn Finance adalah agregator yang berfungsi untuk mencari proyek DeFi dengan return tertinggi misalnya AAVE, COMP dsb. Jadi kita cukup melakukan staking koin YFI nanti dia bakalan otomatis memberikan return.

Uniswap / UNI



Jika kita tahu centralized crypto exchange seperti binance, indodax, coinbase. Maka uniswap adalah sebuah platform Dex (digital asset exchange) terdesentralisasi. Kita bisa menukar sesama token ERC-20 menggunakan uniswap. Misalnya kita mau menukar ETH menjadi USDT atau sebaliknya.

Selain itu kita bisa menjadi liquidity provider nya dan mendapatkan komisi 0.3% dari setiap transaksi.

Penutup



Itulah penjelasan sederhana mengenai pengertian DeFi di dalam dunia bitcoin. Semoga bermanfaat.