Pengertian Proof Of Work (PoW) Dalam Dunia Bitcoin

Proof Of Work adalah metode validasi transaksi dalam blockchain dengan cara menyelesaikan teka teki kriptografi atau yang biasa kita sebut sebagai "mining". Jika teka teki terselesaikan maka pelaku mining akan mendapatkan reward berupa saldo cryptpcurrency.

Latar Belakang



Blockchain adalah sebuah buku besar atau jurnal transaksi yang terdesentralisasi (tidak terpusat). Maka untuk memvalidasi transaksi baru di dalam blockchain maka dibutuhkanlah proses validasi. Dalam metode proof of work (PoW) validasi dilakukan oleh para miner dengan cara memecahkan teka teki kriptografi. Jika teka teki terpecahkan maka miner akan mendapatkan reward sejumlah saldo cryptocurrency.

List Cryptocurrency Yang Menggunakan Metode Proof Of Work



Berikut ini list beberapa koin yang menggunakan metode proof of work. BTC, ETH, LTC, DOGE, ZEC, XMR, BCH, BCD, BTG, BSV, BCHA. Dengan kata lain koin koin diatas adalah "mineable" alias bisa ditambang.

Kelemahan Proof Of Work



Metode validasi transaksi di dalam blockchain menggunakan metode proof ow work adalah dibutuhkan alat mining yang canggih dan mahal, butuh biaya listrik yang mahal, transaksi yang lambat hanya sekitar 20 transaksi per detik.

Proof Of Stake sebagai pengganti Proof Of Work



Untuk menutupi kelemahan dari proof of work yang memakan sumberdaya (hardware dan biaya listrik mahal) dan transaksi yang lambay maka diciptkan metode baru yaitu Proof Of Stake. Contoh koin perintis proof of stake adalah DASH. Mengenai pengertian proof of stake akan kita bahas di lain kesempatan



Kesimpulan



Itulah pengertian proof of work secara sederhana semoga menambah wawasan anda.

Tidak ada komentar: