Penyebab Dan Cara Mengatasi Iklan Google Adsense Tidak Tayang (Blank)

Kali ini kita akan membahas cara mengatasi iklan google adsense yang tidak tayang. Google adsense merupakan jaringan periklanan yang didirikan dan dikelola oleh perusahaan Google dan masih merupakan jaringan periklanan yang paling banyak publishernya (2 juta publisher pada tahun 2020).

Dari yang pemula sampai yang sudah lama menggunakan Google Adsense untuk menghasilkan uang dari situsnya terkadang mengalami kendala yaitu iklan Google Adsense yang tidak tayang (blank) dan juga bahkan 0 impression.

Memang terdapat banyak sekali penyebab iklan Google Adsense tidak tayang. Berikut ini adalah urutan beberapa cara mengatasi iklan Google Adsense yang tidak tayang (blank) 0 impression.

Situs Dalam Tahap Review



Jika situs atau blog anda baru saja didaftarkan ke Google Adsense dan lolos review tahap 1. Maka anda harus memasang kode iklan terlebih dahulu untuk menjalani review tahap 2 sebelum akun anda full approved (disetujui sepenuhnya). Pada masa review 2 ini, kode iklan anda tidak akan menayangkan iklan dan hanya berupa blank putih. Jangan panik dan tunggu saja sampai akun anda full approved. Jangan lepas pasang lepas pasang kode iklan anda pada masa review 2 ini. Jika sudah ada email pemberitahuan bahwa akun anda sudah disetujui sepenuhnya (full approved) , maka kita akan membahas pemecahan masalah selanjutnya.

Akun Baru Saja Full Approved



Jika akun Google Adsense anda baru saja disetujui sepenuhnya (full approved) dan jangan panik jika kode iklan Google Adsense anda tidak tayang iklan karena masih ada beberapa masalah yang harus diatasi. Normalnya anda harus menunggu sampai 48 jam bahkan bisa lebih karena ada beberapa pembaharuan pada Google Adsense di tahun 2020 seperti ads.txt , sellers.json, CCPA, dan sebagainya. Akan ada notifikasi peringatan mengenai permasalahan yang harus anda perbaiki.

Masalah Ads.txt



Pada 2019 ini Google Adsense mengadopsi sistem ads.txt dari IAB tech lab. Yaitu sebuah kode ads.txt untuk melindungi dari penyalahgunaan kode iklan yang ditempatkan pada domain yang bukan merupakan domain yang terdaftar. Jika anda mengalami permasalah ads.txt maka pada dashboard Google Adsense akan muncul peringatan dan anda harus mengupload file ads.txt di root domain anda. Contoh: https://pinterduit.com/ads.txt

Setelah anda membuat file ads.txt maka anda harus menunggu 48 jam bahkan hingga 2 minggu sebelum sampai Google Adsense merayapi kode ads.txt anda dan melakukan perubahan.

Unit Iklan Baru Dibuat



Jika anda baru saja membuat unit iklan baru dan pada iklan tersebut masih tidak tayang (blank) jangan panik. Unit iklan yang baru anda buat membutuhkan waktu 12 menit hingga beberapa jam sampai akhirnya menjadi aktif.

Kesalahan Kode Iklan



Masalah selanjutnya bisa jadi karena kesalahan kode iklan misalnya saja anda tidak menyalin kode iklan secara sempurna (misalnya ada 1 karakter yang terlewatkan) atau jika anda menggunakan platform blogger namun anda belum melakukan parse kode iklan. Maka kode iklan anda salah dan iklan tidak akan tayang walaupun anda tunggu selamanya.

Pelanggaran Violation Dan Policy



Bisa saja akun anda yang sudah full approved namun secara diam diam tanpa ada pemberitahuan ternyata domain anda sudah diblokir dan di blacklist oleh pihak Google Adsense seperti yang pernah saya alami sendiri. Dengan sebuah blog yang membahas tentang h4cking. Memang akun adsense disetujui sepenuhnya namun di tengah jalan blog direview secara manual oleh Tim Google Adsense dan diblokir tanpa ada pemberitahuan. Saat coba di inspect element terdapat keterangan 403 forbidden. Domain kita dilarang mengakses server kode iklan Google Adsense.

Anda Menggunakan Adblock



Jika anda menggunakan chrome extension atau mozilla addon adblock (pemblokir iklan) maka kode iklan Google Adsense maka kode iklan tersebut tidak akan menayangkan iklan karena iklan telah diblokir.

Pembatasan Iklan



Salah satu penyebab iklan Google Adsense tidak tayang adalah karena akun Google Adsense anda terkena pembatasan iklan. Bahasa lainnya dari pembatasan iklan adalah akun anda sedang di suspend karena terdeteksi traffic yang tidak valid dan mencurigakan. Untuk mengatasinya lepas sementara kode iklan dan cari tahu penyebab invalid traffic tersebut dan perbaiki. Jika sudah , pasang kembali kode iklan dan tunggu hingga 20 hari. Dalam masa ini tingkatkan kualitas traffic website anda. Hindari sembarang share link di sosial media.

Penutup



Demikianlah beberapa penyebab dan cara mengatasi iklan Google Adsense yang tidak tayang. Semoga bermanfaat.

Sekian.

Tidak ada komentar: