Pinterduit.com


Perbedaan Token Dan Koin Dalam Dunia Bitcoin




Pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu hal penting dalam dunia trading bitcoim , yaitu perbedaan token dan koin. Karena cryptocurrency tidak bisa dipukul rata semua nya. Ada 2 kategori utama yaitu disebut token dan koin. Apa sih perbedaan keduanya ?



Pengertian Token Dalam Dunia Bitcoin



Token adalah sebutan untuk cryptocurrency yang tidak mempunyai blockchain sendiri alias numpang. Biasanya token menumpang pada blockchain ethereum dan ada juga menumpang pada blockchain lain. Token juga umumnya tidak bisa ditambang. Namun jumlahnya sudah ditentukan sejak awal dan biasanya supply dipegang oleh perusahaan pencipta token tersebut. Contoh cryptpcurrency yang masuk dal kategori token adalah USDT, USDC, EURS , Pax Gold dll.





Pengertian Koin Dalam Dunia Bitcoin


Koin adalah sebutan untuk cryptocurrency yang berjalan pada blockchain nya sendiri. Contohnya adalah BTC, DOGE, ETH. Dan umumnya koin itu bisa ditambang (mining)



Hal Yang Harus Diperhatikan Trader Kripto



Karena 2 hal tadi (koin dan token itu berbeda) maka seorang trader atau investor kripto harus memperhatikan apakah kripto tersebut masuk ke dalam koin atau token. Berapa max supply nya dsb. Karena token masij dikontrol peredarannya oleh suatu entitas yang berhak merilis atau menghancurkam token maka perlu diwaspadai terhadap kemungkinan scam.