Pinterduit.com


Membuat Bon Cabe Tanpa Oven




Harga cabai suka naik gak ada akhlaq, beli 2 ribu cuma dapat 4 biji padahal pas harga normal dapat full se plastik seperempat kilo. Untuk menyiasati hal tersebut saya akan membagikan cara membuat bon cabe tanpa oven. Dan simak langkah langkah berikut ini.


Alat Dan Bahan Membuat Bon Cabai


Bahan bahan

  • cabe

  • garam

  • penguat rasa (msg)

  • penyedap rasa (masako/royco)

  • teri (opsional)

  • bawang goreng (opsional)

Alat alat

  • blender

  • wadah kedap udara (botol /toples)



Cara Membuat Abon Cabai


Pertama siapkan cabe, lepas gagangnya dan cuci sampai bersih lalu jemur di bawah sinar matahari sampai kering. Bisa sampai 3 hari tergantung cuaca. Setelah kering blender cabai tidak perlu sampai halus. Cukup blender kasar saja. Setelah itu jemur lagi agar lebih kering lagi (jemur 1 hari pada cuaca terik). Setelah itu blender lagi sampai halus. Disini bisa anda tambahkan garam, penguat rasa, atau langsung masako saja. Atau bisa juga anda tambahkan teri kering, bawang goreng kering, atau bahan kering lain yang anda suka. Atau bisa juga tidak perlu ditambah apapun, kita buat pure bubuk cabai untuk keperluan memasak. Setelah itu simpan pada wadah kedap udara yang kering. Jangan sampai ada kena basah basah air lagi karena cabai akan mudah rusak berjamur.


Bon Cabe Dapat Bertahan Berapa Lama ?


Jika penyimpanan baik dan benar, bubuk cabai murni dapat bertahan hingga 2 tahun. Namun untuk bubuk cabai yang sudah diberi campuran bumbu sebaiknya tak lebih digunakan dari 10 bulan. Tutup rapat kembali setelah digunakan, jika terdapat jamur dan bau nya berubah aneh dan rasa berubah pahit, stop penggunaan bubuk cabai tersebut, untuk alasan keamanan.


Penutup


Dengan membuat sendiri bubuk cabai tersebut kita bisa menghemat pengeluaran sekaligus tetap dapat memenuhi selera makan kita dikala suplai cabai langka. Seperti saya yang tidak selera makan jika tidak memakai cabai. Demikian tips kali ini semoga bermanfaat.