Eri Kursus Trading Online 5/500: Pengertian Leverage

Sebelum anda mulai trading forex anda harus mengetahui dulu apa pengertian leverage, kelebihan dan kelemahan trading menggunakan leverage dan berapa leverage yang bagus.


Pengertian Leverage


Leverage adalah daya ungkit di dalam akun trading kita, apa yang dimaksud daya ungkit? Leverage / daya ungkit adalah semacam kesepakatan antara kita dengan broker, dengan menggunakan leverage kita bisa ber trading seolah olah sedang menggunakan dana yang besar. Contoh sederhananya dengan modal 1.000 IDR kita bisa seolah olah bertrading dengan modal 10.000.000 IDR tapi dengan sebuah syarat. Misalnya modal kita terfloating dan sisa equity tinggal 400 IDR maka posisi trading kita yang terbuka akan ditutup paksa (likuidasi / stop out). Settingan leverage mulai dari 1:20 sampai dengan 1:1000 . Semakin besar leverage semakin banyak open posisi yang bisa kita buka , namun semakin besar pula margin (jaminan) yang harus kita punya. Contoh sederhana jika kita mempunyai equity $100 dan leverage kita 1:50 maka kita maksimal hanya bisa open posisi sebanyak 0.04 lot, sedangkan jika kita menggunakan leverage 1:1000 maka kita berhak membuka open posisi maksimal sampai 2 lot (ini hanya perumpamaan, nilai pastinya tidak akurat dan hanya sebagai sample saja).



Kelebihan Trading Menggunakan Leverage


Kelebihan trading menggunakan leverage adalah kita bisa menghasilkan keuntungan yang besar dengan modal kecil. Tapi tentunya dibarengi dengan skill trading yang mumpuni. Coba kita trading USD/IDR dengan leverage 1:1 pergerakan harian paling cuma 0.1% maka dibutuhkan modal Rp. 10 juta untuk mendapatkan profit Rp. 10.000 per hari.



Kelemahan Trading Leverage


Selain bisa menghasilkan uang dengan cepat. Kelemahan trading leverage adalah kita juga bisa kehilangan uang dengan cepat. Karena jika kita serakah maka akan sering terjadilah stop out / likuidasi / order ditutup paksa dari yang nilai floating minus nya paling besar.



Berapa Leverage Yang Baik


Dikutip dari situs mql5,com leverage yang baik adalah dibawah 1:500 di atasnya itu sudah terlalu beresiko. Semakin kecil leverage maka akan semakin kecil resiko yang kita hadapi.