Pinterduit.com


Eri Kursus Trading Online 6/500: Pengertian Spread




Jika sebelumnya kita sudah membahas leverage. Pada artikel Eri Kursus Trading Online 6/500 ini kita akan membahas pengertian spread, macam macam spread dan bahaya dari spread.


Pengertian Spread Pada Trading


Spread (sebaran) adalah selisih antara harga beli dan harga jual pada saat itu (order book). Atau bisa juga disebut sebagai komisi untuk broker nya, karena salah satu sumber penghasilan dari broker adalah dari spread. Contoh sederhana dari spread adalah misalnya saat kita membeli emas misalnya 1 gram Rp. 900.000 maka pada saat itu juga langsung kita jual tentu harganya tidak utuh Rp. 900.000 melainkan sudah kena potongan misalnya terpotong Rp. 25.000 sehingga harga jualnya menjadi Rp. 875.000 . Selisih Rp. 25.000 itulah yang dinamakan spread (komisi untuk broker nya).


Macam Macam Spread Dalam Trading Metatrader


Spread pun ada beberapa macam diantaranya floating spread, fixed spread dan juga no spread. Penjelasannya akan saya jelaskan di bawah.


Floating Spread


Floating spread (spread mengambang) adalah spread yang bergerak dinamis, selalu berubah ubah setiap detiknya. Misalnya spread EURUSD berkisar antara 8-17 pips.


Fixed Spread 


Fixed Spread (sebaran tetap) adalah spread yang nilainya tetap, tidak berubah ubah. Misalnya spread nya 15 pips ya 15 pips terus. Namun ketika ada news besar bisa saja fixed spread tetap ikut berubah. Karena normalnya dan wajarnya spread itu berubah ubah.


Zero Spread


Zero Spread adalah spread yang bernilai 0 , alias tidak ada spread. Harga beli dan harga jual pada saat itu adalah sama. Pasti anda mikir, kok enak banget tak ada spread nya. Eitsss, tunggu dulu. No spread tidak diberikan percuma begitu saja. Sebagai gantinya kita harus membayar komisi per trade. Misalnya saja komisi per trade sebesar 15$  . Jadi setiap open posisi kita bayar 15$ sebagai fee pengganti zero spread.