Pinterduit.com


Pengertian Coin Burning (Bakar Koin) Aset Kripto Bitcoin © Pinterduit ™




Pengertian Coin Burning aset kripto. Pernah dengar kata coin nya akan diburning dalam dunia bitcoin dan kripto? Dan kenapa setelah dilakukan burning harga coin malah naik. Itulah yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini.



Coin burning adalah istilah untuk menyebut sebuah mekanisme atau peristiwa melenyapkan koin dari peredaran untuk selamanya (semacam duit yang dibakar agar tidak bisa digunakan lagi).


Mungkin anda bertanya, loh duit koo dibakar? koin kok di burning dilenyapkan selamanya? Kan sayang sekali. 


Tujuan burning ada 2 macam, yang pertama adalah untuk membuat koin tersebut langka dan harganya naik. Contoh burning ini dilakukan pada coin yang tak terjual pada ICO (initial coin offering). Coin sisa yang tak laku dijual akan dibakar dengan harapan coin menjadi langka dan harga coin menjadi naik. Pada proses burning jenis ini ada yang dibakar sekali ada yang diburning secara berkala seperti BNB.




Burning yang kedua adalah untuk stable koin. Jika jaminan aset nya diambil maka koin token juga diburning sejumlah yang sama misalnya pada token USDT jika jaminan fiat USD diambil maka token USDT diburning sejumlah yang sama.




Proses burning adalah mengirim ke coin ke wallet yang telah diberi signature khusus sehingga koin token tersebut tidak bisa digunakan lagi. Namun bukti burning dapat dilihat oleh publik menggunakan blockchain explorer.