sponsor

Apa Maksud Senapan TNI Ada Cat Oranye Di Ujungnya, Ini Penjelasannya

Halo para pembaca setia pinterduit.com , di kesempatan kali ini kita tidak akan membahas uang tapi kita akan membahas sesuatu yang menambah ilmu dan wawasan yaitu tentang apa maksud warna merah di ujung senapan yang digunakan TNI saat latihan. Apa itu cuma buat gaya gayaan? 


Warna merah / oranye di ujung senapan adalah alat tambahan yang bisa kita sebut dengan blank shoot adapter. Jadi itu semacam alat yang bisa dipasang pada senapan sebagai aksesoris, beda negara beda juga bentuk dan warnanya tapi tujuan nya sama.



Apa fungsi dari alat yang dicat oranye di ujung senapan itu? Fungsinya adalah begini. Senapan itu ada yang bekerja dengan mekanisme gas blow back. Gas panas yang dihasilkan dari letusan peluru dipakai untuk mendorong hammer kembali ke belakang sehingga senapan bisa bekerja pada mode otomatis (tak perlu sekali tembak kokang tembak kokang) tapi bisa balik mundur lagi hammer nya itu karena tenaga dari blow back gas.



Nah karena pada saat latihan hanya memakai peluru hampa (peluri akustik) yang hanya meledak tapi tidak ada proyektilnya. Maka tenaga gas blow back nya jadi lemah karena tidak ada yang menyumbat laras sementara gas dialirkan balik untuk mendorong mundur hammer. Maka dari itu di pasanglah alat yang berwarna merah merah oranye tadi agar ada tenaga gas blow back nya. Jadi cara kerjanya adalah sedikit menyumbat laras. Sehingga tetap didapatkan blowback gas saat senapan digunakan memakai peluru kosong (peluru akustik) yang hanya menghasilkan suara tapi tidak ada proyektilnya.

Sebutan lainnya adalah blank firing adapter, blank firing attachment, intinya blank firing lah.

Demikian penjelasan fungsi dan alasan kenapa senapan TNI ada ujungnya yang dicat berwarna oranye.