sponsor

Apa Sih Arti Tamtama, Bintara Dan Perwira Di TNI , Ini Penjelasannya

Halo sahabat setia pinterduit.com sudahkah anda salto mundur hari ini? Pada kesempatan kali ini kita tidak membahas duit tapi mau bahas pengetahuan militer. Pernah dengar kata tamtama, bintara, perwira?


Apa sih sebenarnya maksud kata itu? Itu adalah istilah kategori hierarki dalam militer. Pangkat yang banyak itu dibagi ke dalam 3 golongan. Dari yang paling bawah yaitu tamtama, bintara dan perwira. 


Tamtama


Pengertian tamtama adalah golongan kepangkatan TNI yang paling bawah. Tamtama ini adalah tentara yang berpangkat perajurit sampai kopral. Bisa dibilang kalau ada perang, tamtama ini yang maju paling depan. Pangkat tamtama berwarna merah untuk TNI AD, biru untuk TNI AL dan AU dan berada di lengan.




Bintara


Bintara adalah golongan kepangkatan menengah. Pangkat seorang bintara adalah sersan sampai dengan pembantu letnan. Seorang bintara membawahi sebuah regu. Jadi seorang bintara ini kira kira mengetuai sekitar 10 orang. Pangkat bintara berwarna kuning dan berada di lengan.



Perwira


Perwira adalah golongan berpangkat tinggi di TNI , pangkat seorang perwira adalah letnan ke atas (sampai jendral). Perwira ini tugasnya lebih ke memakai otak ketimbang tenaga. Karena untuk menjadi seorang perwira seleksi nya lebih berat lagi ketimbang tamtama dan bintara. Seorang perwira berpangkat letnan membawahi sekitar 30 anggota (1 peleton). Lambang pangkat perwira berwarna emas dan berada di kerah atau pundak.


Demikian penjelasan singkat mengenai apa itu tamtama, bintara dan perwira.