sponsor

Arti Warna Baret Merah Hijau Hitam Dll TNI

Halo para pembaca setia pinterduit.com sudahkah anda salto mundur hari ini? Pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa sih maksud warna baret yang dipakai TNI kok ada yang warna merah, hijau, ungu, oranye, hitam, abu abu dsb.


Baret tersebut adalah untuk mengidentifikasi dengan cepat tentara tersebut dari kesatuan mana, karena diam diam tentara itu ada banyak dan ada spesialisasi, skill dan tanggung jawab nya masing masing. Berikut ini adalah penjelasan mengenai warna warna baret pada TNI.



Baret Merah Kopassus


Yang paling sering anda lihat dan paling terkenal adalah baret merah dengan lambang pisau jangkar dan sayap. Ini adalah baret untuk kesatuan elit TNI yaitu kopassus.  Kopassus (komando pasukan khusus) adalah kesatuan elit TNI yang mempunyai tugas dan keterampilan khusus untuk misi misi strategis yang bisa di terjunkan di darat, laut dan udara. Jumlah personel kesatuan ini dirahasiakan.  Korps kopassus tidak memakai sebutan batalyon tapi memakai sebutan group 1, group 2 dst. Karena jumlah personel yang fleksibel. Anggota kopassus diambil dari prajurit prajurit pilihan di kesatuan nya masing2. 



Baret Hijau Infanteri


Baret hijau infanteri adalah salah satu kesatuan TNI yang lebih gampang kita sebut sebagai kekuatan dasar TNI yaitu tentara bersenapan yang berjalan kaki (bukan kavaleri (mengendarai tank dan ranpur lainnya) dan bukan juga pasukan artileri (senjata berat seperti meriam, roket dsb)). Baret hijau selain pasukan infanteri juga ada banyak. Khusus pasukan infanteri gambar lambang baretnya adalah gambar senapan bersilang.



Baret Oranye Paskhas


Paskhas adalah salah satu pasukan khusus elit TNI dari cabang TNI AU yang kemampuan dan tugas utama nya adalah menguasai dan mengoperasikan bandara. Selain itu paskhas juga punya kemampuan yang mirip dengan kopassus yaitu dapat bertempur di darat laut dan udara. Lambang baret paskhas adalah burung bersayap.


Baret Hijau Lumut Raider


Pasukan raider sebenarnya sama dengan pasukan infanteri biasa dalam hal fungsi dasar, tapi beda nya bisa dibilang pasukan raider ini lebih ganas. Lebih cepat , lebih tangkas dan punya daya tahan yang tinggi. Banyak ungkapan 1 orang personil raider setara 3 pasukan infanteri biasa.



Baret Hitam Kavaleri


Pasukan kavaleri adalah sebutan untuk pasukan berkuda pada jaman dahulu namun sekarang sudah tidak lagi menggunakan kuda melainkan menggunakan tank, panzer dsb. Pasukan kavaleri adalah pasukan yang memberi dukungan kendaraan tempur seperti tank dan panzer.



Baret Coklat Armed Dan Arhanud


Baret coklat adalah pasukan artileri. Artileri adalah sebutan untuk persenjataan berat seperti meriam. Artileri sendiri dibagi 2, artileri medan khusus menembak musuh di darat dan artileri pertahanan udara (arhanud) khusus menembak musuh di udara.



Baret Abu Abu Zeni


Baret ini contoh tugas nya adalah membuat bangunan, membuat jalan, membuat jembatan untuk mendukung operasi militer.


Baret Biru Polisi Militer


Jika baret biasa miring nya ke kanan, baret polisi militer miringnya ke kiri dengan lambang pistol bersilang. Tugas utama polisi militer adalah semacam pengawas yang mengawasi ketertiban dari tentara. Jika ada pelanggaran maka akan ditindak oleh polisi militer ini. Selain itu di kesatuan masing masing juga ada penegak disiplin yang disebut provost.



Masih ada beberapa baret lainnya seperti perhubungan, perbekalan dan angkutan, mabes dsb.