sponsor

Inilah Alasan Baling Baling Kapal Selam Dan Torpedo Ditutupi Dan Dirahasiakan

Kembali lagi bersama pengamat militer gadungan dari pinterduit.com pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang kapal selam dan torpedo. Yaitu kenapa bentuk baling baling kapal selam dan torpedo harus dirahasiakan dan disembunyikan.


Coba lihat video di youtube mengenai perbaikan atau proses pembuatan kapal selam. Pasti pada bagian baling baling nya ditutupi dan dirahasiakan. Ditutupi dengan kain apakah karena biar tidak kedinginan masuk angin, biar tidak diambil gambar dan dijual di internet, atau biar tidak ditiru negara lain?


Begini penjelasannya, radar yang biasa dipakai untuk mendeteksi pesawat di udara itu tidak bisa dipakai di bawah permukaan laut. Sebagai gantinya proses deteksi keberadaan benda benda di bawah air seperti dasar laut dan kapal selam musuh menggunakan sistem sonar. Radar sonar cara kerjanya seperti hewan kelelawar saat terbang di malam hari. Kelelawar tidak menggunakan mata tapi menggunakan gelombang suara untuk memetakan area sekitar. Dengan mengeluarkan suara dan mendengar pantulan nya maka akan diketahui disitu ada benda dan jaraknya adalah sekian meter.


Begitu juga dengan radar kapal selam menggunakan sistem sonar. Dan tiap bentuk baling baling kapal selam dan torpedo punya sonar signature yang berbeda beda. Semacam frekuensi gitu lah, kalo bentuk baling baling nya begini kira kira karakter sonar nya begini, jika bentuk baling baling nya seperti itu maka karakter sonar signature nya begitu. Itulah alasan mengapa bentuk baling baling kapal selam dan torpedo, agar sonar signature nya tidak ketahuan. Sehingga akan lebih sulit dideteksi oleh musuh.