Pinterduit.com


The Imitation Game




Halo para pembaca setia © Pinterduit.com ™ sudahkah anda salto mundur hari ini?


Pada konten kali ini admin Eri terlanjur ganteng sak dunia raya akan membahas tentang alur cerita film The Imitation Game.


Film ini berdasarkan kisah nyata pada saat perang dunia 2 (WW2) meletus. Film ini saya pernah menonton ada 2 versi. Versi yang lebih jadul dan versi remake yang dibintangi Benedict Cumberbatch yang juga membintangi Dr. Strange.


Berikut keseluruhan ringkasan alur cerita film The Imitation Game. Kisah ini berfokus pada seorang pemecah kode yaitu Alan Turing (penemu komputer pertama).


Dalam film dikisahkan perang antara Jerman dan Inggris pada khususnya. Yaitu kapal selam u boat Jerman yang banyak menenggelamkan kapal kapal Inggris.


Nah uBoat ini berkomunikasi dengan pusat komando di Jerman menggunakan pesan yang dienkripsi menggunakan mesin yang disebut Enigma Machine. Mesin ini semacam versi analog dari pesan terenkripsi jaman sekarang. Hanya yang punya kode dekripsi nya saja yang bisa menerjemahkan pesan tersembunyi yang dibuat menggunakan Enigma Machine.


Pasukan Jerman sudah punya tabel kode dimana mesin ini setiap hari harus diubah sandi enkripsi nya. Dan jika tentara Jerman kalah maka sebelum tertangkap atau mati mereka akan menghancurkan tabel sandi itu.


Nah, pemerintah Inggris membuat sebuah program dengan merekrut orang orang cerdas untuk memecahkan pesan terenkripsi dari tentara Jerman ini. Pemerintah membuat sayembara teka teki. Nah bagi yang lolos memecahkan teka teki maka dikontrak pemerintah Inggris untuk memecahkan pesan terenkripsi. 


Proyek dipimpin oleh Alan Turing dan berhasil menciptakan Bombe Machine / Christopher. Semacam mesin bruteforce analog. Akhirnya mereka bisa men decrypt pesan terencrypt tersebut dan berhasil memenangkan perang dunia 2