Ingin pasang banner iklan di blog ini dan dilihat 150 pengunjung per hari ? Banner 250x250 tarif (promo) 50k / tahun. Hubungi whatsapp 089673300464

Ternyata Begini Cara Memadamkan Api Kebakaran

Posting Komentar
Kali ini kita akan membahas cara metode memadamkan api kebakaran. Untuk memadamkan api kita menggunakan teori segitiga api (terbentuknya api) diantaranya dilusi, isolasi, pendinginan, pemutusan rantai reaksi, pemisahan bahan mudah terbakar.

[h2]METODE ISOLASI[/h2]

Metode isolasi dalam memadamkan api kebakaran adalah dilakukan dengan cara mengisolasi / melapisi bahan mudah terbakar agar tidak terbakar api . Caranya bisa menggunakan busa atau serbuk. Metode ini biasa dipakai untuk memadamkan api pada perangkat elektronik yang tidak cocok dipadamkan dengan menggunakan air.

[h2]METODE PENDINGINAN[/h2]

Metode memadamkan api kebakaran dengan metode pendinginan yaitu dengan cara menghilangkan unsur panas sehingga api tidak akan sanggup menyalakan materi. Cara pendinginan ini dengan media air. Metode ini yang paling sering digunakan misalnya pada kebakaran hutan, kebakaran pada pemukiman, kebakaran pada gudang mesiu. Dengan materi yang dingin dan basah maka api akan sulit berkembang. 

[h2]METODE PEMISAHAN BAHAN MUDAH TERBAKAR[/h2]

Metode pemadaman ini dilakukan dengan cara memindahkan, memisahkan, menjauhkan bahan mudah terbakar dari sumber api. Biasanya cara ini diterapkan pada SPBU , jika anda perhatikan pasti ada parit kecil yang mengelilingi SPBU. Saat area SPBU terbakar maka parit kecil tersebut akan dialiri air dengan harapan api tidak akan menjalar keluar dari area tersebut.

[h2]METODE DILUSI[/h2]

Metode pemadaman api kebakaran ini dilakukan dengan cara meniupkan gas inert untuk menghalangi oksigen (O2) menyalakan api. Yaitu dengan meniupkan gas CO2 (karbon dioksida) prinsip ini bisa kita lihat contohnya saat anda menyalakan bahan mudah terbakar di dalam gelas lalu menutupnya maka api akan mati karena tidak mendapat pasokan oksigen. Cara ini juga dilakukan untuk jenis kebakaran pada zat kimia yang justru akan semakin meledak saat dicampur dengan air.

[h2]METODE PEMUTUSAN RANTAI REAKSI[/h2]

Pemadaman api kebakaran ini dengan cara mengikat radikal bebas yang menjadi pemicu reaksi dengan menggunakan bahan tertentu. Misalnya menggunakan bahan dasar HALON namun penggunaan HALON ini sudah dilarang karena menimbulkan efek rumah kaca, merusak ozon dan meningkatkan global warming.



[h2]PENUTUP[/h2]

Demikian tadi beberapa cara metode pemadaman api kebakaran semoga menambah wawasan anda.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar