pinterduit blog logo Pinterduit.com

Ensiklopedia, tutorial, tips trik, wiki, materi pendidikan. Ingin jadi penulis? Buat akun sekarang







Home » Umum



Buku Rich Dad Poor Dad

ERNDT • Umum • 24 Jan 2020 • 383 Dilihat




Pinterduit.com - Halo para pembaca pinterduit.com bagaimana kabar anda semoga sehat selalu. Pada artikel kali ini kita akan membahas 3 point penting yang dirangkum dari buku Rich Dad Poor Dad karya Robert Kiyosaki.
Bagi kalian yang belum baca artikel sebelumnya silahkan baca Rangkuman Buku Intelligent Investor Karya Benjamin Graham Yang Dianggap Sebagai Kitab Suci Investasi
Oke kembali lagi ke topik yang akan kita bahas pada artikel ini, 3 point penting yang dirangkum dari buku Rich Dad Poor Dad karya Robert Kiyosaki. apa saja 3 point itu berikut penjelasannya.


KITA DIBODOHI OLEH SISTEM SEKOLAH
Menurut Robert Kiyosaki selama ini kita ditipu dengan sistem yang diajarkan di sekolah, kita hanya dituntut untuk melakukan hal yang benar agar kelak bisa mendapatkan profesi yang dianggap prestise seperti dokter, guru, arsitek dan lain lain. Kita diajarkan untuk bermain aman dan kaku saja menurut dengan sistem yang diajarkan di sekolah. Di sekolah tidak diajarkan untuk mencari uang menghasilkan uang secara mandiri seperti yang diajarkan oleh Rich Dad Roberti Kiyosaki.
Robert Kiyosaki punya 2 orang ayah, ayah miskin adalah ayahnya yang bekerja pada profesi tertentu sedangkan ayah kaya adalah yang mempunyai sumber penghasilan lebih dari satu dan melek keuangan yang akan kita bahas pada point berikutnya.

KITA HARUS PUNYA MULTIPLE SOURCE INCOME
Dalam buku Rich Dad Poor Dad , Robert Kiyosaki membagi sumber penghasilan menjadi 4 jenis atau quadrant. Yang pertama adalah
Employee
Ini adalah cara mendapatkan uang yang dilakukan oleh kebanyakan orang dan biasanya ini adalah penghasilan yang paling kecil yaitu sebagai employee atau pekerja (karyawan) kita dibayar berdasar waktu atau hasil kerja kita sehingga hasil yang didapatkan terbatas
Self Employee
Nah pada quadrant ini adalah untuk orang orang yang menghasilkan uang dengan cara menjadi pekerja mandiri. Intinya kita punya bisnis kecil tapi kita masih terlibat didalamnya. contohnya adalah kita bekerja di restorant milik kita sendiri. Dan kita harus ada disana, jika kita tidak ada disana maka perusahaan tidak akan berjalan.
Business Owner
Quadrant ini hampir sama dengan Self Employee namun skala nya lebih besar, dan tanpa kita ikut bekerja secara langsung , perusahaan tetap berjalan secara normal.
Investor
Type ini kita tidak perlu bekerja secara langsung, kita hanya ikut menyertakan modal kita dan mendapatkan deviden setiap periode tertentu. sehingga waktu kita lebih santai dan punya banyak waktu luang.
Nah yang diajarkan oleh Robert Kiyosaki adalah kita bisa menggabungkan sumber pendapatan tersebut, kita bisa menjadi employee namun juga merangkap sebagai investor.


EMAS DAN PROPERTI
Robert Kiyosaki sangat menyarankan untuk berinvestasi pada emas dan properti karena harganya yang cenderung selalu naik. Jangan sampai anda ketinggalan kereta dengan tidak ikut berinvestasi pada emas dan properti. Tanah di suatu tempat lama lama akan naik harganya dan tempat itu lama lama menjadi ramai. Permintaan akan tanah semakin hari semakin meningkat, siapa orang yang tidak butuh tanah untuk tempat tinggal atau tempat untuk membangun bisnis nya.
Begitu juga dengan emas mempunyai nilai yang stabil yang dapat digunakan untuk menyelamatkan aset kita dari laju inflasi.

Demikian 3 point penting yang dirangkunm dari buku Rich Dad Poor Dad karya Robert Kiyosaki versi pinterduit.com jika ada point penting yang terlewatkan silahkan tuliskan di kolom komentar. Sampai jumpa di artikel berikutnya dan selalu kunjungi blog ini untuk mendapatkan ilmu menarik seputar uang, saham, properti, emas dan bisnis lainnya
Penulis: Eri Nurdiyanto

Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Buku Rich Dad Poor Dad




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code