Language : en
English - German - French - Japan - Indonesian - Arabic - Korean - Italy - Spanish - Russian - Dutch

Want To Advertise Or Make Money By Contributing On This Site ? Sign Up Right Now !





Home » Business



Penyebab Utama Pengusaha Pemula Gagal

Ghost Writer - Business - 2020/08/04 03:26 / 390




Pinterduit.com - Anda mempunyai angan angan ingin keluar dari tempat bekerja anda saat ini dan membuka bisnis sendiri, atau anda sudah membuka mencoba membuka bisnis tapi masih selalu gagal. Berikut ini adalah beberapa penyebab utama pebisnis pemula gagal, ini bukan pendapat saya pribadi namun dirangkum dari berbagai sumber.

Kebanyakan yang masih menjadi karyawan dan berada di zona nyaman memiliki bayangan bahwa membuka bisnis sendiri itu enak, kita yang jadi bos nya perintah sana perintah sini, bangun tidur semaunya, tidak seperti pas jadi karyawan harus bangun pagi setiap hari. Namun kebanyakan asumsi itu ada benarnya namun banyak salahnya, anda juga harus tahu duka dalam membangun bisnis sendiri bukan hanya mengingat enak enaknya saja.


PENYEBAB UTAMA PEBISNIS PEMULA GAGAL

Berikut ini adalah beberapa penyebab utama pebisnis gagal, yang bisa anda jadikan sebagai pelajaran berharga bagi anda yang belum memulai atau baru saja memulai.


SALAH MENEMUKAN APA YANG DIBUTUHKAN MARKET

Kalo kata Dan Lok , anda gagal menemukan market yang lapar. Anda kasih makanan seenak apapun, sebanyak apapun tapi kalo ikannya sudah kenyang ya tidak akan dimakan. Nah dalam hal bisnis ini adalah anda salah menentukan produk atau jasa yang anda jual untuk ditawarkan ke market anda. Secara sederhana anda menjual sesuatu yang tidak dibutuhkan. Misalnya di kawasan anda kebanyakan adalah petani tapi anda menjual peralatan komputer atau software, atau anda menjual alat tulis kantor seperti pulpen, penggaris dsb. Ini segmentasi marketnya tidak pas, jika di kawasan anda kebanyakan petani maka akan lebih tepat jika anda menjual alat pertanian seperti cangkul dan juga bibit, pupuk dsb.

Dan sebaliknya jika tempat anda dekat dengan sekolah dan perkantoran maka tidak baik jika anda menjual alat dan bahan pertanian, akan lebih baik jika anda menjual ATK dan jasa fotocopy dsb.


KEKURANGAN UANG KAS

Penyebab yang kedua adalah kekurangan kas. Sehingga perusahaan tidak dapat beroperasi dengan baik. Misalnya kita mempunyai sebuah usaha warnet, pada waktu tertentu terjadi kerusakan beberapa komputer bersamaan. Ada yang rusak keyboard, monitor, vga card padahal harga tiap komponen harganya lumayan , dan pada saat terjadi kerusakan itu kas kita sedang kosong atau berbarengan dengan jatuh tempo tagihan listrik dan tagihan internet , padahal saat itu musim liburan warnet sedang ramai , beberapa komputer malah untuk sementara tidak dapat dipakai karena belum ada biaya untuk membeli spare part. Dari kejadian ini kita kehilangan sales. Maka dari itu penting untuk menyimpan kas yang cukup sebagai dana darurat dan biaya tak terduga lainnya.


SALAH MEMILIH TIM / PARTNER

Kesalahan selanjutnya adalah salah memilih partner atau tim. Misalnya salah dalam memilih partner bisnis adalah kita mengajak seseorang untuk bekerja sama mendirikan bisnis, nah ketika terjadi permasalahan atau kendala si partner ini diminta bantuan untuk menyelesaikannya malah masa bodoh, ga mau tahu. Tapi ketika urusan pembagian hasil profit nuntut ga mau telat. Partner seperti ini yang kurang menguntungkan, contoh lain adalah memanfaatkan keadaan untuk diri sendiri. Misalnya kita membeli barang secara grosir dia nimbrung ikut numpang beli dengan harga grosir, atau punya usaha cafe numpang minum gratis.

Contoh lain dari salah memilih tim adalah kita mempekerjakan seseorang tapi pas tidak ada bos malah tiduran atau malah nonton tv atau melakukan kegiatan lain ketika jam kerja.


HARGA TERLALU MAHAL

Ini adalah penyebab kegagalan bisnis lainnya yaitu harga yang terlalu mahal. Memang sih penentuan harga ini agak sulit. Misalnya harga BBM naik, kalo kita ikut menaikkan harga maka pelanggan akan berteriak komplain atau bisa juga malah kabur. tapi kalau harga tidak kita naikkan maka kita yang rugi. Maka dari itu kita harus pintar mengatur harga agar kita tidak rugi tapi juga pelanggan tidak kabur, misalnya dengan mengurangi porsi.

Related Post

  • Penyebab Utama Pengusaha Pemula Gagal
  • Usaha Sprei Sarung Bantal
  • Analisa Bisnis Makanan Ringan
  • Nasehat Jack Ma Alibaba
  • Panduan Investasi Emas
  • Biskanan Bayi Omset 40 Juta
  • Nasihat Bisnis Terbaik Arli Kurnia
  • Jangan Takut Memulai Usaha Baru
  • Analisa Bisnis Jus Buah
  • Bisnis Rumahan Hasilkan 300 Juta








  • Sponsor