pinterduit blog logo Pinterduit.com

Ensiklopedia, tutorial, tips trik, wiki, materi pendidikan. Ingin jadi penulis? Buat akun sekarang







Home » Internet



5 Niche Paling Sehat untuk Akun Instagram Anda!

Nafisathallah • Internet • 4 Aug 2020 • 82 Dilihat




Pinterduit.com - Untuk memulai sebuah akun konten kreator di instagram anda harus menentukan topik yang sesuai dengan selera publik yang ada di media sosial!

Anda juga harus jelas dalam memilih target dan pasar yang ingin anda incar, misalnya generasi millenial yang cenderung lebih suka dengan konten yang berbau dengan wirausaha dan modern lifestyle.

Atau bisa juga generasi boomer yang tertarik dengan pembahasan finansial dan yang berhubungan seputar investasi, juga generasi Z yang tertarik dengan dunia game, anime dan kultur pop lainnya.

Semua harus anda pertimbangkan ingin memilih peluang yang mana, semuanya sama-sama menguntungkan dan memimiliki potensinya masing-masing! Jadi pertimbangkan topik mana yang benar-benar anda kuasai dan anda geluti.

Boleh juga jika anda ingin menarik pasar dari semua orang dan segala lapisan generasi maka buatlah akun berita di instagram, sudah banyak contoh suksesnya salah satunya seperti Indozone.

Berikut akan saya berikan beberapa topik/niche konten paling sehat dan banyak peluangnya untuk memulai membuat konten di akun Instagram anda!

1. Ilmu Pengetahuan
Akun yang membahas seputar fakta ilmu dan pengetahuan nyatanya sudah banyak dan menjamur dimana-mana di setiap sudut tagar di instagram.

Semua mereka bahas yang berhubungan dengan orang-orang intelektual dan kutu buku, mulai dari fisika, kimia, sejarah, paleontologi, hingga matematika semuanya mereka bahas!

Sasaran buangan konten mereka pun menyasar banyak kalangan generasi Z maupun millenial. Walau sebelumnya saya bilang sudah banyak yang memulainya lebih dahulu, tidak ada salahnya bukan untuk memulainya sekarang?

2. Militer
Kalau yang satu ini, saya melihat masih belum terlalu banyaklah akun yang berkuasa dalam menggandrungi topik ini. Alias masih longgarlah peluang bagi akun-akun baru yang baru saja ingin memulai membuat konten di topik seperti militer dan pembahasan geopolitik lainnya.

Penikmat konten seperti ini? Tentu saja bapak-bapak dan para orang tua yang menyukai pembicaraan berat dan militer dibumbui dengan politik antar negara, walau tidak mengelakkan juga fakta bahwa banyak anak millenial yang punya kegemaran di topik ini.

3. Anime
Sudah bukan rahasia umum lagi jika makin banyak bertebaran orang-orang yang memakai gambar karakter anime sebagai foto profil mereka.

Bahkan sempat ada anggapan lucu yang beredar di internet seputar mereka, yang mana argumen dan pendapat mereka dalam berdiskusi tidak dianggap dan dapat diabaikan.

Terlepas dari semua itu, kita tidak bisa menutup mata jika jumlah penggemar anime dan wibu bertambah banyak tiap harinya, hari demi hari, dikarenakan tidak cukup tersedianya tontonan yang bermutu dan sesuai selera bagi anak-anak remaja di televisi nasional dikarenakan KPI sering mensensor dan mencekal TV untuk menayangkan anime jepang.

Membuat mereka mencari jalur alternatif untuk memenuhi kebutuhan mereka akan hiburan dan asupan tontonan dengan cara streaming lewat website penyedia anime secara gratis yang tentu saja illegal.

Dari situlah mengapa perkembangan penikmat tontonan Jepang semakin bertambah banyak saja kian harinya, dan inilah yang bisa menjadi peluang bagi akun-akun Instagram seperti anda yang ingin memulainya.

Setiap ada anime baru yang baru saja tayang atau dirilis ke publik, itu adalah kesempatan anda untuk membuat akun fandom dan menumpang ketenaran dan kesuksesan dari anime yang anda bahas di akun instagram.

Konten yang akan anda bahas berhubungan seputar dengan teori-teori apa yang terjadi dengan peristiwa di anime, berinteraksi dengan follower dan membahas karakter mana yang paling disukai.

Kalau anda tekun dan konsisten dalam mengelola akunnya, jika nanti sudah besar dan banyak pengikutnya anda bisa mendapat endorsement dan sponsorship dari toko atau brand souvenir anime lokal, lumayan bukan?

Tentu saja jika pengikut anda lebih banyak komposisinya dari generasi Z dan anak-anak millenial.

4. Motivasi
Anda pasti sering melihat kata-kata bijak dan kalimat mutiara yang membangun mental berseliweran di timeline akun instagram kalian, tentu bukan?

Entah itu mungkin teman anda yang repost tanpa seizin pemilik pembuatnya, namun itu menunjukkan bahwa antusiasme netizen kita cukup tinggi dan berpotensi terhadap konten-konten seperti itu.

Pastinya modal awal yang anda perlukan untuk dapat membuat kalimat motivasi kepada orang lain adalah daya berpikir dan pengetahuan literasi yang luas.

Apalagi jika kita bisa membuat kata-katanya sendiri tanpa harus mengutip sumber dari tokoh orang lain yang terkenal, itu merupakan sebuah nilai plus bagi kita.

Palingan yang mau mantengin kata-kata dan quotes bucin atau penyemangat rata-rata dari kalangan generasi millenial sih.

5. Agama
Bagi anda yang ingin beribadah sambil bermain media sosial, tidak ada salahnya membuat akun dakwah, apalagi jika anda sudah punya cukup ilmu dan pengetahuan karena lulusan pondok pesantren atau memiliki keluarga yang religius.

Namun saya garisbawahi sekali lagi disini adalah, anda benar-benar harus berilmu dan ahli dalam bidang ini, tidak bisa sembarangan, setidaknya tahulah dasar-dasarnya dalam akidah dan syariat beragama.

Ataupun jika anda hanya ingin repost dari akun orang lain atau mengutip dari google bisa saja, namun selalu cantumkan sumber asalnya jika anda tidak ingin membuat orang lain tersesat dan membahayakan keamanan anda.

Karena, walaupun topik agama adalah topik yang paling pedas dan diminati masyarakat kita, tentu ada resiko besar yang mengintainya.

Jika untuk di negara kita sendiri, jelas bahwa umat islam mendominasi pangsanya, namun bukan berarti membuat untuk agama lain adalah sebuah kebuntuan. Tetap akan ada selalu peluang dan potensi dalam mengembangkan akun agama.

Sekian itulah daftar topik dan niche untuk akun konten kreator di instagram di tahun 2020.

Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul 5 Niche Paling Sehat untuk Akun Instagram Anda!




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code