pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home » Umum



Cara Beli Bitcoin

ERNDT • Umum • 24 Jan 2020 • 469 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas semua hal tentang bitcoin yang harus anda tahu, agar anda paham sebelum berinvestasi pada bitcoin ini. mulai dari pengertian bitcoin, kapan bitcoin diciptakan, siapa penemu bitcoin, berapa harga bitcoin, bagaimana cara mendapatkan bitcoin, berapa biaya transfer bitcoin, apa kelebihan dan kelemahan bitcoin, seperti apa bentuk bitcoin, apakah bitcoin bisa habis ditambang.

Ketemu lagi dengan pinterduit.com blog yang membahas seputar uang, forex, saham, emas, bitcoin dan juga investasi lainnya. Bagi yang belum baca artikel sebelumnya silahkan baca Analisa Peluang Bisnis Rice Bowl (Donburi) Yang Punya Peluang Dijadikan Franchise

Kenapa kita harus paham tentang bitcoin ? karena bitcoin ini adalah sebuah teknologi yang minimal harus kita pahami, tidak harus kita berinvestasi tapi minimal kita paham tentang seluk beluk bitcoin ini. Dimulai dari apa sih bitcoin itu ?


PENGERTIAN BITCOIN

Bitcoin adalah sebutan untuk mata uang virtual yang pertama kali menjadi populer dan menjadi perintis mata uang virtual lainnya seperti dogecoin, litecoin, ethereum dan masih banyak lagi mata uang virtual lainnya yang kita sebut dengan altcoin. Jadi bitcoin adalah sebuah sistem yang digunakan untuk menjembatani transaksi keuangan, sifat dari transaksi ini adalah peer to peer dari individu langsung menuju individu tanpa melalui perantara pihak ketiga seperti bank, paypal, neteller, fasapay, webmoney dsb.

Sifat dari bitcoin ini adalah decentralized artinya tidak terpusat, buku besar transaksi bitcoin tidak disimpan di 1 server seperti perbankan melainkan data buku besar (ledger) nya disebar , setiap pemilik wallet bitcoin juga menyimpan buku besar data transaksi. Bitcoin ini disimpan dalam sebuah wallet (dompet digital) jika anda ingin menyimpan dan memiliki bitcoin maka anda harus memiliki sebuah wallet yang terdiri dari sebuah kumpulan huruf dan angka sebagai rekening anda jika ini adalah perbankan, namun wallet bitcoin dapat dibuat atau digenerate secara instan tanpa membutuhkan data identitas anda seperti nama , alamat, no telp, foto KTP dll.



SIAPA PENEMU BITCOIN

Sampai saat tulisan ini dibuat , penemu bitcoin masih misterius dan belum resmi terungkap. Hanya diketahui bahwa penemu bitcoin adalah bernama Satoshi Nakamoto , entah ini adalah sebuah nama asli atau nama samaran, dan ini seorang individu atau kelompok, semua masih menjadi perdebatan mengingat teknologi bitcoin yang cukup kompleks dan mustahil jika hanya ditemukan seorang diri.

Awal penemuannya pada tahun 2008 hanya dari guyonan di situs 4chan, situs 4chan adalah sebuah forum instant yang bersifat anonymous, dan dapat diakses melalui Deep Web juga, website ini memungkinkan para pengunjung membuat posting atau berinteraksi dengan postingan tanpa harus login atau mendaftar cukup hanya dengan nickname anonymous.

Pada tahun 1998 seseorang bernama Wei Dai dan Nick Szabo mengajukan sebuah proposal sistem transaksi peer to peer yang disebut dengan B Money, inilah yang menjadi cikal bakal bitcoin dan dikembangkan oleh Satoshi Nakamoto namun saat ini Satoshi Nakamoto sudah menghilang dari forum dan pengembangan bitcoin diteruskan secara open source oleh para sukarelawan.

Dalam waktu singkat harga bitcoin yang awalnya masih sekitar Rp 80.000 pada tahun 2009 sudah menjadi Rp 200.000.000 pada tahun 2017




SEPERTI APA BENTUK BITCOIN

Bentuk bitcoin adalah tidak berwujud karena bitcoin hanyalah data digital sama seperti data saldo anda di bank, tidak berwujud. Sedangkan yang sering anda lihat koin berbentuk bitcoin di internet atau yang dijual di marketplace, itu bukanlah bitcoin yang sebenarnya. Itu hanyalah gambaran perwujudan bitcoin sebagai souvenir, pajangan atau cindera mata. Jadi itu tidak berharga sama sekali, memang ada yang dibuat dari emas. Jadi koin itu berharga bukan karena bitcoin tapi karena bahannya terbuat dari emas.

Jadi jika ada yang menawari anda bitcoin dalam bentuk koin dengan harga mahal, hati hati itu bukan bitcoin ya. Hanya kepingan logam yang dicetak sebagai ilustrasi dari bitcoin.

Bentuk bitcoin hanya sebuah data yang dihash (disegel) dengan menggunakan algoritma SHA256



BAGAIMANA CARA MENDAPATKAN BITCOIN

Menambang / Mining

Jika anda ingin mendapatkan bitcoin anda dapat melakukan penambangan atau mining bitcoin. Mining disini bukan berarti anda menggali tanah seperti menggali emas, konsepnya hampir sama seperti itu namun kita menambang secara digital yaitu memecahkan teka teki matematis yang sudah disebutkan diatas bahwa bitcoin adalah data yang dihash enkripsi dengan kriptografi (SHA256)


Untuk menambang bitcoin kita membutuhkan sebuah hardware dapat berupa komputer, mining rig atau ASIC miner. Karena kita dapat memecahkan teka teki matematis tersebut menggunakan 3 hardware yaitu CPU , GPU atau VGA card atau menggunakan hardware khusus yang diciptakan untuk mining yaitu ASIC miner. Untuk saat ini tidak disarankan menambang dengan menggunakan CPU karena tingkat difficulty atau kesulitan sudah tinggi, komputer anda akan sangat panas dan anda akan rugi karena sumber daya listrik dan perangkat yang dipakai dan bitcoin yang dihasilkan tidak sebanding alias rugi.

Yang disarankan adalah menambang menggunakan VGA card karena selain untuk menambang bitcoin bisa juga kita gunakan untuk menambang altcoin lain karena vga card dapat digunakan untuk mining koin dengan algoritma beragam seperti cryptonight, sha256, x11, dll. Dan juga harga jual lagi vga tidak akan terlalu jatuh saat anda memutuskan untuk pensiun mining karena sudah tidak profit lagi, masih ada gamer yang bersedia menampung vga card anda.

Jika menggunakan ASIC miner lebih simple karena ukuran lebih kecil dan memang diciptakan khusus untuk mining namun hanya untuk 1 algoritma saja misalnya ASIC mining bitcoin dengan algoritma sha256 tidak bisa dipakai untuk mining litecoin dengan algoritma X11.


BAGAIMANA CARA MEMBELI BITCOIN

Jika anda ingin mendapatkan bitcoin namun tidak dengan cara mining, anda dapat mendapatkannya dengan cara membelinya. Anda dapat membeli secara langsung kepada orang atau teman yang anda kenal , atau anda juga dapat membelinya melalui exchanger bitcoin, salah satu exchanger besar yang berasal dari indonesia adalah INDODAX. Anda harus mendaftar terlebih dahulu, melakukan verifikasi identitas untuk mencegah praktik pencucian uang, anda harus memverifikasi identitas anda dengan mengupload foto KTP, Tanda tangan dan juga selfie memegang ktp. Untuk melakukan deposit ke indodax melalui bank yang sudah disediakan namun jika anda tidak punya bank yang sama dengan yang disediakan anda juga dapat membeli voucher indodax dari exchanger lain seperti Ahaschanger.

Voucher indodax adalah sebuah kode voucher yang dapat ditukarkan menjadi saldo rupiah di website Indodax. Untuk harga voucher ini , saat tulisan ini dibuat adalah beli dan jual dikenakan fee sekitar 1% dan minimal fee adalah Rp 10.000




BERAPA HARGA BITCOIN

Harga bitcoin berfluktuasi dengan cepat bisa naik ataupun turun dalam waktu dekat. Dalam 5 tahun terakhir saja harganya sudah naik 40.000% , berikut adalah chart harga bitcoin dari coingecko

chart harga bitcoin dari tahun ke tahun
chart harga bitcoin dari tahun ke tahun

Bisa dilihat pada tahun 2015 harganya masih sekitar 4 jt per 1 bitcoin, namun pada tahun 2017 menyentuh harga 200 jt.

Fluktuasi harga inilah yang dimanfaatkan para trader cryptocurrency di exchanger seperti Indondax, jika anda beruntung anda bisa untung besar namun bisa juga sebaliknya anda bisa rugi besar jika hanya asal asalan investasi tanpa memahami ilmu dan karakteristik dari bitcoin.



APA SAJA EXCHANGER BITCOIN DI INDONESIA YANG TERPERCAYA

Untuk exchanger bitcoin yang berasal dari Indonesia tidak banyak, yang pinterduit.com ketahui hanya ada 3 dan beberapa diantaranya hanya orang orang antusias terhadap bitcoin yang tahu. Berikut adalah daftar exchanger tersebut.

Indodax

Ini merupakan exchanger yang terbesar di Indonesia, dan paling aktif. Fitur website nya dikelola secara profesional dan lumayan yang paling lengkap diantara yang lain. CEO dan founder nya adalah Bapak Oscar Darmawan yang sudah sering muncul dalam acara wawancara di TV , jadi ini merupakan exchanger yang sudah besar dan terpercaya. Kelebihan indodax adalah fitur website nya yang lengkap dan juga altcoin yang diperdagangkan juga lengkap, hampir setiap bulan ada koin baru yang listing. Di Indodax kita juga dapat melakukan order tunda seperti SELL LIMIT dan juga BUY LIMIT , terintegrasi juga dengan chart dari tradingview sehingga kita lebih nyaman melakukan analisa teknikal tanpa harus meninggalkan website indodax


Luno

Ini adalah exchanger kedua yang dikelola secara profesional, tampilan Luno lebih sederhana jika dibanding dengan Indodax. Terakhir kali saat kita mencobanya hanya ada 2 cryptocurrency yang diperdagangkan yaitu bitcoin dan juga ethereum saja. Tampilannya juga cukup profesional terlihat running trade nya juga,


XP Sindonesia

Ini juga belum banyak yang tahu, website ini dikelola secara pribadi oleh seseorang di Salatiga, tampilan websitenya sederhana namun cukup lengkap, kita tidak hanya bertransaksi bitcoin namun juga ada dogecoin, pulsa dan lainnya. Website ini tidak menyediakan chart dan running trade seperti lainnya dan rate nya lebih mahal dari Indodax.




APA SAJA KELEBIHAN BITCOIN

Berikut adalah beberapa kelebihan bitcoin yang wajib diketahui.

- instant dan anonymous , jika anda menggunakan bitcoin sendiri di komputer anda men generate wallet sendiri maka akun dan transaksi anda bersifat anonymous karena tidak membutuhkan data identitas seperti saat bertransaksi di exchanger.

- tidak terpusat (decentralized) karena tidak melalui perantara pihak ketiga seperti bank, maka akun anda sepenuhnya independen tidak dapat dibekukan oleh pihak ketiga bahkan oleh pemerintah suatu negara

- dianggap sebagai emas digital, karena karakteristiknya menyerupai emas, stok bitcoin yang terbatas. kelak akan habis saat semua sudah ditambang. total supply bitcoin adalah 21 juta bitcoin dan sudah tertambang 18 juta , namun tidak 100% akan seperti itu, ada opsi untuk menambah jumlah bitcoin jika lebih dari 50% pengguna bitcoin setuju untuk dilakukan penambahan




KELEMAHAN BITCOIN

Berikut adalah beberapa kelemahan bitcoin yang wajib anda ketahui juga

- transaksi yang sudah terjadi tidak bisa dibatalkan / di cancel, jadi jika anda salah kirim bitcoin maka transaksi tersebut tidak bisa dibatalkan dan saldo bitcoin anda akan hilang tak ada jalan mengembalikannya lagi.

- wallet yang terhapus, maka bitcoin anda juga akan hilang dan sama sekali tidak ada jalan untuk mengembalikannya lagi. berbeda dengan bank, jika anda salah transfer maka masih dapat ditelusuri dan di cancel uang anda akan kembali, di bitcoin tidak bisa.

- waktu proses transaksi yang lama, jika menggunakan bank yang sama kita transfer detik ini maka akan terkirim beberapa detik kemudian, namun di Bitcoin dan altcoin lain membutuhkan konfirmasi blockchain yang makin lama semakin panjang waktunya bisa berjam jam. dan ini tidak cocok digunakan untuk transaksi yang membutuhkan kecepatan

-biaya transfer mahal, berapa biaya transfer bitcoin ke wallet lain ? jawabannya adalah bebas menentukan sendiri biaya transfer, jika ingin cepat terkirim maka kita setting bayar mahal namun jika ingin irit bisa kita setting murah namun akan lama terkirim. rentang biayanya adalah 50 rb sampai dengan 500rb untuk saat ini.


PENUTUP

Demikian pembahasan lengkap tentang bitcoin (BITCOIN 101) Semoga menambah pengetahuan anda tentang bitcoin, jika masih ada yang kurang jelas silahkan tanyakan di kolom komentar di bawah.


Penulis: Eri Nurdiyanto

Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Cara Beli Bitcoin




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code