pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home » Umum



Apa Yang Harus Dilakukan Pemudik Yang Pulang Kampung Selama Pandemi Covid-19

ERNDT • Umum • 17 Apr 2020 • 39 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Berikut ini adalah standar prosedur yang harus dilakukan oleh pemudik yang pulang kampung selama pandemi covid-19.

Tujuan dari prosedur ini adalah mencegah penyebaran covid-19 entah itu benar benar positif terpapar covid-19 atau belum tetap harus menjalankan prosedur ini demi menjaga keamanan keluarga kita sendiri maupun warga kampung seluruhnya.

Tujuan karantina ini adalah agar untuk memastikan selama 14 hari badan pemudik tetap sehat dan membunuh virus yang mungkin bisa saja masuk ke tubuh pemudik selama perjalanan di bandara, terminal, bus, kereta dsb.

Prosedur ini dilakukan untuk pemudik yang baru pulang dari luar kota, luar pulau atau luar negeri semua nya sama.

Sebelum mudik wajib melapor identitas dan foto kepada Pak RT selanjutnya diteruskan ke Kepala Dusun , Kelurahan, Tim Medis yang bertugas menangani dan memonitor penyebaran covid-19.

Dilakukan penyambutan seperti semprot disinfektan dan disediakan tempat khusus, 1 rumah untuk 1 orang jika ada akan lebih baik.

Selama 14 hari melakukam karantina mandiri di tempat tersebut, alat makan dan alat mandi khusus hanya dipakai sendiri (tidak bergantian dengan orang lain).

Selama 14 hari sama sekali tidak berinteraksi dengan siapapun demi kebaikan bersama.

Jika merasakan gejala seperti demam dan sesak nafas atau gejala sakit lainnya segera periksa ke rumah sakit.

Jika sudah menjalani karantina selama 14 hari dan sehat tidak ada gejala sakit apapun. Barulah masa karantina berakhir dan sudah boleh keluar rumah dan berinteraksi, namun masih tetap menjalankan program social distancing. Menjaga jarak antar sesama manusia dan tidak keluyuran jika tidak untuk keperluan penting.

Demikian prosedur standar apabila ada orang yang ingin mudik ke kampung halaman selama pandemi covid-19 ini.

Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Apa Yang Harus Dilakukan Pemudik Yang Pulang Kampung Selama Pandemi Covid-19




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code