Language : en
English - German - French - Japan - Indonesian - Arabic - Korean - Italy - Spanish - Russian - Dutch

Want To Advertise Or Make Money By Contributing On This Site ? Sign Up Right Now !





Home » Other



Perbandingan Wisata Indonesia & Vietnam

Seto Mulyadi - Other - 2020/01/24 11:21 / 13




Pinterduit.com - well temans,

bisa jadi ini report saya terakhir dari vietnam. Sudah dua hari di Saigon, sebelumnya dari delta sungai Mekong. Ada dua hal yang mengecewakan saya, dan sebetulnya ini peluang yang baik buat parawisata indonesia. Pertama saya sebelumnya membayangkan sungai Mekong yang begitu terkenal, pasti banyak hal yang menarik selain pasar terapung. Oleh karena itu diputuskan untuk melewatkan dua malam di sana. Namun ternyata.. indahnya mekong hanya dalam sejarah perang saja, begitu juga pasar terapungnya tak lebih indah dari milik kita di sungai kapuas atau barito.

Mekong delta didiami banyak ras dari suku bangsa berbeda.. seperti kmer dan china canton, namun sejujurnya buat saya atau turis lain tidak begitu menarik, dan nggak ada tempat yang cukup membuat saya terkagum-kagum. Alhasil rencana dua hari dipangkas jadi sehari saja.. sayapun cabut ke saigon..

Saigon ( Ho Chi Minh City)
Kedatangan saya bertepatan dengan hari persatuan / pembebasan vietnam, seperti 17 Agustus disini. Singkat kata rasa nasionalisme dibangkitkan lagi melalui tipi2 pemerintah juga banyak diputar film2 dokumenter tentang perang vietnam. Tak bisa dipungkiri, perang vietnam adalah salah satu yang menjadikan vietnam begitu terkenal.. apalagi kalo bukan kisah semut mengalahkan gajah.

Musium perang dan Istana Presiden dan Musium Ho Chi Minh banyak dikunjungin turis asing dan domestik. Wajarlah, dan emosi sayapun ikut larut saat melihat foto2 di musium perang. Keluar musium dengan wajah murung, semurung cuaca saigon hari ini... hujan dari pagi.

Kekecewaan saya kedua adalah hotel di Saigon tidak memiliki kamar yang cukup luas, bahkan di hotel helios (bintang 3) di distrik 1, distrik utama dengan lobi yg cukup mentereng ternyata saya dapat kamar yang tidak ada jendela !!!!!! Hahahaha, seumur2 saya belum pernah dapat kamar yang tidak ada jendela, bahkan kamar kost
sekalipun.. Luar biasa.. dan harus keluar sedikit urat agar saya dapat kamar yang punya jendela. Pihak hotel akhirnya ngaku kalo beberapa kamarnya emang tidak berjendela!!! can you imagine, kamar tanpa jendela?? mirip bunker.

Well, dengan segala kelebihan dan kekurangan.. Vietnam tetap menarik. Utamanya parawisata disini digarap serius, seperti di kantor post utama yg didatangin banyak turis, terlihat beberapa pelajar membagikan kuisioner agar turis mau memilih halong bay sebagai 7 keajaiban dunia. Jalan Jaksa versi Vietnam juga ada di
distrik 1, dengan sekala yang lebih luas, artinya selain mengincar
turis mapan mereka juga berusaha merebut low budget turis.

Inilah hotel tempat saya menginap: Hanoi paradise (***) Saigon
Halong Bay (****), Nim Binh (***), Century Riverside - Hue (****),
Riverbeach - seaview resort (****) Saigon Chan to - Mekong, Empress
Saigon (***), Elios Hotel Saigon (***)
dari sekian banyak hotel, hanya saigon halong bay yang tidak
memberikan akses internet gratis pada tamunya. Mobil untuk tour
memakai Mercedes benz yang mirip mobil es krim. Juga saya tidak
sekalipun melihat mobil L-300 dipakai membawa turis, mobil lama yang
masih berjibun di Bali.

Salam dari Saigon
Raimaster

Related Post

  • Benerin Clipper Wahl Berisik
  • 10 Kata Kasar Dan Umpatan Dalam Bahasa Korea
  • Tombol Stick Ps2 Tidak Responsif
  • Review Film Murder Manual (2020)
  • Daftar Masa Berkecambah Berbagai Macam Benih
  • Statement Sunda Empire Lucu
  • Resep Coca Cola Asli
  • Meteran PLN Rusak "Periksa"
  • Kode Plat Kendaraan / Nomor Polisi Seluruh Indonesia Lengkap Dari A-Z
  • Breaking News: 257 Siswa Pramuka SMPN 1 Turi, Sleman , Yogyakarta Hanyut Di Sungai Sempor Laporan Awal 4 Meninggal Ratusan Hilang








  • Sponsor