pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home » Umum



Bagaimana Cara Mengatasi Wabah Virus Secara Massal ? Simak Ulasan Berikut

ERNDT • Umum • 29 Jan 2020 • 45 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang virus secara sederhana. Virus sebenarnya tidak bisa juga disebut sebagai penyakit. Virus adalah mikro organisme yang lebih kecil lagi dibanding dengan bakteri, virus tidak dapat hidup secara mandiri melainkan harus ada induk sebagai tempat hidup seperti manusia atau hewan. Sebenarnya dalam tubuh kita juga terdapat banyak sekali virus dan tidak semua virus bersifat jahat.

Salah satu cara kerja virus adalah menurunkan kekebalan tubuh, namun tubuh manusia secara alami memiliki mekanisme perlindungan terhadap virus, setelah terinfeksi virus pada umumnya tubuh kita akan menghasilkan antibodi setelah 6 hari sejak infeksi. Antibodi ini dapat hancur setelah tugas melawan virus selesai, namun uniknya tubuh kita memiliki sell memori. Sebuah sel yang mampu mencatat virus yang pernah menyerang tubuh kita dan sudah mampu membuat antibodi pertahanan yang baik berdasarkan pengalaman sebelumnya. Itulah mengapa kita tidak bisa terserang penyakit yang sama 2x, misalnya yang pernah terserang cacar air sekali dalam hidup maka tidak akan terserang lagi untuk kedua kalinya.

Namun statemen ini tidak sepenuhnya benar, saat sistem kekebalan tubuh melemah bukan hal mustahil kita tetap saja terkena penyakit yang sama misalnya cacar air 2x dalam hidup.

Bagaimana cara sintetis mengatasi serangan virus ini ? yaitu dengan cara dibuatkan vaksin, vaksin adalah serum yang dibuat dari virus tersebut namun sudah dilemahkan sehingga cara kerjanya semacam rangsangan dan pengenalan oleh tubuh kita terhadap virus tersebut dan otomatis tubuh kita membuat sistem antibodi. Sehingga jika virus yang sebenarnya menyerang maka tubuh kita sudah punya antibodi nya dan sudah siap melawan virus tersebut.

Namun bukan hanya antibodi kita yang dapat terupgrade secara otomatis, sebuah virus juga mampu bermutasi mengupgrade dirinya sendiri menjadi lebih kuat.

Demikian sedikit perbincangan sederhana tentang virus, semoga bermanfaat.


Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Bagaimana Cara Mengatasi Wabah Virus Secara Massal ? Simak Ulasan Berikut




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code