pinterduit blog logo Pinterduit.com

Ensiklopedia, tutorial, tips trik, wiki, materi pendidikan. Ingin jadi penulis? Buat akun sekarang







Home » Umum



Cara Memperbaiki Cliper WAHL Rusak Dan Berisik

ERNDT • Umum • 29 Aug 2020 • 3,472 Dilihat




Pinterduit.com - Halo pada kesempatan kali ini saya mau berbagi tips tentang cara memperbaiki kerusakan pada clipper WAHL, mungkin cara ini juga berlaku untuk merk merk lainnya dengan sistem yang sama yaitu memakai spull magnet. Saya membeli clipper WAHL kw di marketplace kurang lebih harganya kalo tidak salah antara 150 ribu sampai 250 ribu, lumayan kan bisa dipakai untuk cukur rambut sendiri, keluarga sendiri atau buat barbershop amatiran.

Setelah dipakai kurang lebih selama 1 tahun barulah timbul beberapa masalah kerusakan, dari segi fisik masih bagus sayang kalau dibuang. Saya coba otak atik lagi eh akhirnya bisa lagi, berikut ini adalah beberapa kerusakan clipper WAHL dan cara memperbaikinya.


PISAU TUMPUL

Kerusakan jenis ini adalah pisau karena sudah lama dipakai atau karena justru tidak pernah dipakai maka akan menjadi tumpul. Saat clipper dipakai untuk memotong rambut tidak berbunyi kres kres kress, tapi malah narik narik rambut, rasanya sakit karena rambut ketarik, bahasa jawanya "njenggit njenggit" atau jambak jambak kecil. Solusinya bisa mengganti pisau dengan yang baru, tapi kalau belum pernah diasah dan belum aus bisa anda coba asah sendiri. Saya hanya memakai batu asah yang biasa dipakai untuk mengasah pisau dapur, asah dengan lembut dan searah, jangan bolak balik dan jangan terlalu ditekan dengan kuat. Asah tanpa menggunakan air, cukup beberapa kali asahan dan saya coba lagi akhirnya bisa dipakai lagi, dipakai buat cukur rambut ganas kembali kres kres kres.


BUNYI BERISIK

Nah penyebab bunyi berisik ini biasanya disebabkan oleh dudukan pisau bagian atas itu kan ada plastik tempat mendudukkan pisau, dan karena sudah dipakai terlalu lama bergetar lama maka plastik tersebut menjadi aus dan dudukan pisau menjadi longgar, hal inilah yang menyebabkan clipper menjadi berisik. Anda dapat memperbaikinya dengan cara mengganjal dudukan tersebut dengan sebuah spons. potong kecil sebuah spons taruh pada dudukan pisau baru dipasang pisaunya, Dan silahkan dicoba lagi maka suara akan menjadi halus kembali.

Penyebab clipper berisik lainnya adalah besi tuas dengan besi magnet nya beradu karena settingan jaraknya terlalu dekat, di bagian samping biasanya ada semacam sekrup untuk mengatur jarak tuas dengan magnet, jika jarak terlalu jauh maka getaran akan hilang karena jarak magnet terlalu jauh namun jika jarak terlalu dekat maka akan beradu dan mengeluarkan bunyi yang sangat keras "trrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr"


GETARAN PISAU CLIPPER LEMAH

cara kerja clipper adalah dengan cara bergetar sehingga menggerakkan pisau clipper dan jika di zoom maka akan terlihat seperti kumpulan gunting yang sangat kecil. Nah saat clipper sudah lama dipakai maka lama lama getaran akan menjadi lemah, kalau pisau nya tidak bergerak maka tidak akan memotong rambut. Penyebab yang saya alami dari masalah ini adalah per di dalam clipper yang lemah, solusinya adalah ulur kembali per yang sudah lemah tersebut dan saya coba lagi clipper berhasil bergetar kembali dengan kuat dan dapat dipakai lagi untuk mencukur rambut.

GETARAN LEMAH BAHKAN MATI TOTAL
Penyebab yang paling parah menyebabkan getaran lemah bahkan mati total adalah karena spul/spool lilitan tembaga yang sudah terbakar.


Demikian sharing pada tulisan ini semoga bermanfaat. Jangan lupa di like dan di comment ya gaes.

Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Cara Memperbaiki Cliper WAHL Rusak Dan Berisik




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code