pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home » Bisnis



Bukalapak Bangkrut

ERNDT • Bisnis • 14 Aug 2020 • 81 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Bukalapak dan beberapa startup lainnya seperti tokopedia, gojek, ovo menurut media media yang membahas tentang startup, mereka mereka ini menggunakan strategi bakar uang yang biasa dipakai oleh para startup.

Apa itu strategi bakar uang ? strategi bakar uang adalah strategi yang dipakai dengan cara menghabiskan banyak uang hanya untuk mengejar valuasi. Sedangkan valuasi adalah takaran dari nilai jual sebuah perusahaan atau semacam harga saham suatu perusahaan.

Menurut berita dari media media yang membahas seputar startup seperti TechinAsia, Bukalapak termasuk salah satu yang menerapkan strategi bakar uang, jadi selama ini Bukalapak sama sekali belum mendapatkan keuntungan.

Mungkin anda bertanya, belum dapat keuntungan tapi kok bisa terus berjalan bahkan ngiklan dengan gencar ? Itulah strategi bakar uangnya, Bukalapak masih mendapatkan pendanaan dari berbagai pihak. Dan pendanaan ini biasa disebut dengan pendanaan seri A, B, C .

Mungkin anda bertanya lagi , lho siapa yang mendanai. Kok mau maunya mendanai padahal belum untung ? Yang mendanai adalah perusahaan perusahaan yang tertarik mendanai misalnya saja seperti Alibaba, Softbank, Microsoft melalui anak perusahaannya. Kenapa mau mendanai ? karena secara tidak langsung mereka sedang membeli saham perusahaan tersebut namun belum melalui IPO (bursa saham) masih sebatas melalui jalur tertutup.
Kenapa mereka mau membeli saham perusahaan yang masih rugi ? Memang perusahaan secara laporan keuangan memang rugi, tapi secara valuasi mereka terus naik. Jadi walaupun perusahaan membukukan rugi tapi kan branding perusahaan naik. Misalnya harga saham pas masih harga 50 rupiah dibeli, dan harganya terus naik menjadi 5000 rupiah dalam 7 tahun. Artinya sudah profit berapa persen itu kalo sahamnya dijual.

Nah kendalanya adalah pas pendanaannya sudah habis tapi perusahaan belum juga mencetak laba, inilah yang akan disebut sebagai babak pembantaian bukalapak. Saat pesaingnya seperti tokopedia, shopee masih kuat bakar uang dan bukalapak sudah kehabisan uang yang dibakar maka perusahaan akan layu dan perlahan bangkrut.

Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Bukalapak Bangkrut




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code