pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home » Umum



Cara Cepat Memperbanyak Tanaman Mawar

Ditta Agustin • Umum • 19 Jun 2020 • 58 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Mawar menjadi tanaman hias yang paling digemari di Indonesia khususnya. Dengan warna dan varian bunga yang beragam banyak yang menggunakan tanaman hias satu ini untuk mempercantik tampilan pekarangannya. Bunga mawar sendiri khususnya mawar lokal dapat diperbanyak dengan mudah melalui teknik stek batang. Berikut cara memperbanyak bunga mawar dengan stek batang :
1. Wadah Tanaman
Kamu bisa menggunakan polybag atau pot, sebaiknya yang berukuran kecil.
2. Media Tanam
Media tanam berupa tanah, kalau sobat dirumah punya sekam bisa dicampur untuk hasil yang lebih baik. Sebaiknya jangan dulu menggunakan tanah yang sudah dicampur pupuk. Karena baik pupuk organik maupun kimia bersifat panas sehingga bisa membuat batang tanaman yang akan distek menjadi kering.
3. Cara Menyetek
Pilih batang mawar yang berumur sedang, tidak terlalu tua juga tidak terlalu muda (sekitar 5 cm dari pangkal batang). Lalu potong batang mawar sepanjang sekitar 10-15 cm secara menyerong sehingga ujung bawahnya agak runcing dengan sekali tebasan/potongan. Hal ini penting dilakukan agar ujung batang yang akan ditanam tidak rusak karena akan mempengaruhi keberhasilan stek. Setelah itu tancapkan batang tadi ke media tanam yang sudah disiapkan dalam pot. Siram dengan air secukupnya.
4. Perawatan
Letakkan di tempat yang teduh tetapi cukup mendapat sinar matahari, karena pada dasarnya tanaman mawar memerlukan cukup sinar matahari agar cepat tumbuh. Siram dengan air secukupnya satu kali sehari.
Biasanya, setelah 5 hari sampai satu minggu batang stek akan mulai berakar dan bertunas. Selamat mencoba semoga bermanfaat!

Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Cara Cepat Memperbanyak Tanaman Mawar




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code