pinterduit blog logo Pinterduit.com

Ensiklopedia, tutorial, tips trik, wiki, materi pendidikan. Ingin jadi penulis? Buat akun sekarang







Home » Internet



Cara Membuat Webserver Sendiri

ERNDT • Internet • 28 Aug 2020 • 52 Dilihat




Pinterduit.com - Pada tulisan kali ini saya akan membagikan tutorial cara membuat web hosting menggunakan komputer sendiri di rumah. Cara ini sebenarnya gampang banget dan sangat fleksibel.

Apa saja yang harus kita siapkan. Berikut ini bahan bahannya.

1. seperangkat komputer desktop biasa,
untuk membuat webserver spek sebenarnya tidak butuh yang tinggi, cukup dengan komputer cpu core2duo dan RAM 2gb saja sudah cukup mumpuni. untuk ukuran hardisk ya disesuaikan saja dengan spek komputernya, kalo spek seperti diatas ya wajarnya memakai hardisk 80gb.

2. koneksi internet kabel
disini kita membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil, pilih saja provider internet yang bagus di tempat anda, saya tidak menyebut merk biar ga promosi. dan kalo bisa beli juga ip publik statis, agar memudahkan dalam mengakses web server kita melalui jaringan internet, karena kalau ip berubah ubah kita harus mengaksesnya dari ip yang berubah ubah pula dan harus menggunakan layanan ddns.

3.software untuk webserver
software ini juga sesuai selera dan kebutuhan anda, untuk webserver ada apache,nginx, lighttpd dsb. untuk membuat website dinamis setidaknya butuh juga menginstall PHP dan mysql.


4. Modem router
Ini pakai modem router bawaan dari provider juga sudah bisa dipakai.


Cara settingnya , setelah anda menginstall webserver, php, mysql dan berhasil menjalankannya silahkan anda coba membuat file php di document root anda, biasanya ditaruh di folder htdocs, selanjutnya dari web browser ketik localhost/filephp.php yang anda buat tadi , jika berhasil berjalan maka webserver sudah berhasil dibuat.

Selanjutnya adalah membuat webserver anda agar bisa diakses melalui internet,misalnya web hosting anda ada di Jogja agar bisa diakses dari Jakarta maka colokan komputer anda ke router yang ada koneksi internetnya, lalu pada bagian DMZ dicentang. dan web server sudah bisa diakses melalui ip publik. Untuk mengetest nya buka google dan ketik "whats my ip public" coba ketikkan ip public itu di web browser, jika website yang kita buat sudah tampil maka itu artinya kita sudah bisa membuat web hosting sendiri di rumah. Untuk mengubah ip publik menjadi domain seperti facebook.com maka kita harus membeli domain dan memforward nya ke ip publik kita.


Demikian cara membuat web hosting sendiri dengan komputer di rumah kita, jika masih ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan di form komentat dibawah ini.

Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Cara Membuat Webserver Sendiri




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code