pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home » Keuangan



Cara Tarik Uang Di ATM

ERNDT • Keuangan • 1 Aug 2020 • 105 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Pada artikel kali ini saya akan membahas cara mengambil uang (tarik tunai) di ATM BCA, BRI, BNI, Mandiri dan semua bank lainnya.

Bagi orang muda millenial mungkin mengambil uang di ATM itu gampang tidak perlu tutorial. Tapi bagi orang kampung dan gaptek seperti saya, belajar mengambil uang di ATM itu sesuatu yang bikin merinding sampai keringat sebesar jagung dan tangan gemetar. Takut salah takut mesin ATM nya rusak kalau salah pencet.

Berikut ini tips mengambil uang di ATM dan tata caranya. Bagi yang baru pertama kali akan lebih bagus jika diajari oleh orang yang sudah pernah dan bisa mengambil uang di ATM . Namun bagi yang belum berikut tata caranya.

Jika sendirian dan mau belajar untuk awal awal masih kagok dan belum hafal. Pilihlah mesin ATM yang sepi seperti di pom bensin bukan di ATM deket pabrik. Usahakan juga pilih jam sepi. Bukan jam ramai seperti tanggal gajian.

Sebelum masuk ATM lepas helm dan kacamata untuk alasan security agar terpantau kamera CCTV. Dan berikut langkah langkahnya, langkah langkah ini beda mesin ATM agak sedikit berbeda namun secara garis besar intinya sama.

Masukkan Kartu ATM

Yang pertama masukkan kartu ATM pada slot yang tersedia. Mengenai arah kartunya biasanya ada gambar contohnya, ada petunjuk bagian mana dulu yang harus dimasukkan. Biasanya yang ada nomor seri nya bagian atas. Dan bagian yang ada hitam hitam nya (zona elektromagnetik) di bagian bawah. Jangan takut terbalik. Karena kalau terbalik kartu akan tertolak dan otomatis keluar lagi dengan sendirinya.

Pilih Bahasa Indonesia

Karena mesin ATM itu juga ditujukan agar digunakan oleh bule, maka mesin ATM diatur dan menyediakan multi bahasa, biasanya English dan Bahasa Indonesia. Lalu pilih yang bahasa Indonesia saja biar lebih mudah.

Masukkan PIN

Setelah memilih bahasa maka akan diminta memasukkan PIN (personal identification number) . Ini fungsinya semacam katasandi agar ATM anda tidak digunakan oleh orang lain. Misalnya ATM anda dicuri lalu diambil uangnta. Kalau orang lain tidak tahu nomor PIN nya maka dia punya kartu ATM nya tapi tetap tidak akan bisa mengambil uangnta. PIN ATM dalam bentuk angka saja dan jumlahnya ada 6 misalnya 745975.

Pilih Menu Tarik Tunai

Jika ditampilkan menu tarik tunai maka langsung saja pilih tarik tunai. Namun ada beberapa mesin ATM yang tidak menampilkan tarik tunai namun menampilkan menu cepat seperti angka 100.000 , 200.000, 300.000 , menu lain lain. Jika tidak menemukan menu tarik tunai maka coba pilih saja menu lain lain.

Masulkan Nominal Penarikan

Jika sudah masuk menu tarik tunai maka akan muncul menu untuk menginput nominal yang ingin ditarik. Hati hati perhatikan jumlah 0 nya karena sering ada yang salah. Niatnya ambil 400 ribu malah jadi 4 juta karena 0 kelebihan 1. Jika benar lalu tekan BENAR dan lanjutkan. Tapi bila salah input dan ingin menghapus angka, gunakan tombol CLEAR pada keypad. Biasanya juga ada pertanyaan tambahan "apakah anda ingin mencetak struk?" silahkan pilih sesuka anda mau cetak struk atau tidak. Setelah itu mesin ATM akam berbunyi seperti sedang menghitung uang.

Ambil Uang Tunai Anda

Setelah beberapa detik ATM berisik lalu uang akan menyembul di tempat tray keluarnya uang, lalu segera ambil uang anda.

Akhiri Transaksi

Setelah itu di layar akan ada tulisan lagi "apakah anda ingin melakukan transaksi lainnya?" pilih TIDAK.

Ambil Kartu ATM Anda

Setelah itu kartu ATM akan keluar dari tempatnya. Ini banyak yang sering kelupaan tidak mengambil lagi kartu ATM dan sering tertinggal di mesin ATM seperti pengalaman yang pernah saya alami sampai harus minta kartu ATM yang baru ke bank.

Tambahan

Berikut ini tips tips keamanan di dalam mesin ATM. Jangan meminta bantuan orang asing untuk memencet mencet menu. Karena bisa saja nanti anda ditipu, saldo ditransfer ke rekening lain tanpa sepengetahuan anda.

Hati hati ada modus penipuan dengan cara lubang kartu ATM diganjal jarum sehingga kartu anda tidak bisa keluar lalu kawanan penipu pura pura membantu, meminta anda menghubungi nomor CS pada stiker ATM. Hati hati itu nomornya ada yang sudah diganti, ditumpuk stiker dari penipu. Nanti kawanan penipu datang sampai 3 orang mengaku sebagai orang dari pihak bank. Memencet mencet mesin ATM dan menguras saldo anda.



Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Cara Tarik Uang Di ATM




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code