pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home » Internet



Memperbaiki Hardisk Badsector

ERNDT • Internet • 8 Aug 2020 • 51 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Memang teknologi saat ini sudah menggunakan hardisk model SSD (chip seperti micro sd ) sehingga tidak akan mungkin terjadi badsector.

Namun bagi kalian yang masih menggunakan hardisk cakram (model lama) type IDE atau SATA pasti setelah hardisk berumur akan mengalami kendala kerusakan hardisk yaitu hardisk badsector.

Hardisk badsector adalah kerusakan pada piringan hardisk seperti sebuah goresan sehingga pada area tersebut hardisk tidak dapat membaca dan menulis data dengan normal alias sektor tersebut sudah buruk dan rusak maka disebut badsector.

Hardisk badsector memang masih bisa dipakai dengan normal namuj tidak disarankan untuk menyimpan data file penting seperti file pekerjaan dan foto kenangan karena akan sangat beresiko data akan hilang dan rusak bila sewaktu waktu hardisk benar benar tidak bisa digunakan.

Ciri ciri hardisk badsector adalah hardisk berbunyi kasar ketika digunakan misalnya ada bunyi "klik klik klik" dan komputer sering hang padahal ram, cpu, dsb masih bagus.

Hardisk badsector bisa disebabkan oleh usia hardisk yang sudah tua, hardisk pernah terjatuh atau sering mati listrik mendadak sehingga hardisk berhenti mendadak (piringan masih berputar tapi jarum read/write sudah berhenti sehingga menggores permukaan piringan).

Cara mengatasi hardisk badsector adalah menggantinya dengan yang baru karena hardisk badsector tidak bisa diperbaiki. Jangan melakukam defrag kepada hardisk badsectoe karena justru akan menambah buruk kinerja hardisk. Sector buruk yang haruanya sudah dilompati malah dipakai lagi karena defrag. Defrag adalah menata dan merapatkan kembali data agar sektornya tidak loncat loncat yang menyebabkan hardisk bekerja lebih keras.

Jika anda masih ingin tetap menggunakan hardisk yang sudah badsector. Anda dapat meminimalisir ketemu badsector dengan cara mempartisi hardisk dan hanya menggunakan sebagian kecil yang anda butuhkan saja. Misalnya ujuran hardisk 160gb cukup gunakan 20gb untuk filesistem dan 10gb untuk penyimpanan. Sehingga sisanya yang 130gb tidak terpakai. Walaupun hardisk anda sudah badaector anda tetap bisa menyalakan komputer sampai ada uang untuk membeli hardisk baru.




Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Memperbaiki Hardisk Badsector




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code