pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home » Keuangan



12 Tips Keuangan Saat Pandemi Covid 19 Lengkap

dnprtw • Keuangan • 8 Aug 2020 • 33 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Tips Keuangan Saat Pandemi – Kondisi pandemi saat ini tentu berdampak langsung pada ekonomi, baik ekonomi global maupun nasional. Tentu kita sudah banyak melihat beberapa usaha yang tutup dan karyawan kehilangan pekerjaannya.

Selain itu, harga-harga kebutuhan mulai merangkak naik. Tidak ada orang yang siap menghadapi perubahan iklim ekonomi ini. Tetapi, kita harus menghadapinya.
Untuk itulah kami membagikan beberapa tips keuangan saat pandemi yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Mungkin tidak membantu secara langsung untuk keluar dari kesulitan. Tapi paling tidak, beberapa tips ini akan membantu ekonomi Anda bertahan sampai pandemi ini selesai.

Tips Keuangan Saat Pandemi

Ada satu prinsip yang paling cocok diterapkan di musim pandemi ini: Bedakan Kebutuhan dengan Keinginan.

Terapkan prinsip tersebut, dan Anda akan bertahan sampai pandemi ini berakhir.
Kami tidak akan membuang banyak waktu. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat pandemi ini.

1. Mengevaluasi Sumber Penghasilan Saat Ini

Sebagai langkah pertama bertahan, Anda harus tahu terlebih dahulu ‘kekuatan ekonomi’ yang ada. Cek beberapa hal di bawah ini:

- Sumber penghasilan
- Jumlah penghasilan
- Prediksi apakah sumber penghasilan akan bertahan

Yang pertama adalah memeriksa sumber penghasilan. Dari mana penghasilan utama Anda berasal? Usaha? Bisnis? Dagang? Gaji perusahaan?

Setelah itu, periksa kembali jumlah penghasilan. Apakah dengan penghasilan Anda sekarang, Anda akan mampu menghidupi keluarga? Apakah kebutuhan keluarga akan terpenuhi?

Dari sini, Anda bisa membuat daftar kebutuhan. Untuk sementara, singkirkan beberapa pos pengeluarann yang tidak begitu penting. Misalnya pos liburan atau belanja pakaian. Utamakan untuk pos kebutuhan hidup seperti makanan, air, dan listrik.

Setelah itu, kembali analisa apakah sumber penghasilan Anda akan bertahan dalam jangka panjang? Jika Anda bergantung pada usaha, silahkan cek tren pasar. Apakah usaha Anda terdampak pandemi atau tidak. Jika iya, seberapa parah dampaknya?

2. Hitung Ulang Anggaran Rumah Tangga

Tips mengelola keuangan saat pandemi corona adalah menghitung ulang anggaran rumah tangga. Ini penting, sebab pengeluaran yang dilakukan sebagian orang terkadang tertuju pada hal-hal yang kurang penting.

Silahkan buat daftar ulang kebutuhan rumah tangga dan singkirkan beberapa anggaran yang kurang penting. Jika masih ada gaji yang tersisa, tabung untuk berjaga-jaga.

3. Perbesar Saldo Dana Darurat
Tips keuangan saat pandemi adalah perbesar saldo dana darurat. Seperti yang telah kami tulis sebelumnya, setelah menghitung ulang anggaran dan menyingkirkan beberapa pengeluaran yang kurang penting, sisa gaji bisa dialihkan untuk memperbesar saldo dana darurat.

Dana darurat ini bisa Anda gunakan ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi, pos ini jangan sampai kosong.

Dan perlu diingat juga, bahwa Anda hanya boleh menggunakan dana ini pada situasi yang benar-benar darurat. Jangan mengambilnya apabila situasi tidak berbahaya sama sekali.


4. Bedakan Keinginan dan Kebutuhan

Hal yang sering kali membuat pengaturan keuangan berantakan adalah tidak bisa membedakan keinginan dan kebutuhan. Misalnya untuk skin care atau baju baru, jika ditilik lebih jauh, itu adalah keinginan, bukan kebutuhan wajib.

Jika keuangan Anda sedang sulit di masa pandemi ini, singkirkan dulu beberapa keinginan seperti itu. Fokuslah pada kebutuhan dasar keluarga seperti makanan, biaya pendidikan, air, dan listrik.

5. Hindari Pembelian dengan Sistem Cicilan

Tips mengatur keuangan saat pandemi selanjutnya adalah hindari pembelian barang-barang dengan sistem cicilan. Anda tidak tahu kapan pandemi ini berakhir, sehingga membeli dengan sistem cicilan bisa menjadi boomerang bagi kondisi keuangan Anda.

Bayangkan, jika suatu saat Anda tidak mampu membayar cicilan dan terkena denda. Pengeluaran Anda akan semakin besar, sementara sumber penghasilan tetap.
Ini jelas berbahaya bagi keuangan keluarga di masa pandemi

6. Cari Sumber Penghasilan Tambahan

Tips keuangan saat pandemi yang keenam adalah mencari sumber penghasilan tambahan.
Ada banyak yang bisa Anda lakukan. Misalnya menjadi seorang freelancer atau membuat olshop. Kedua hal tersebut bisa menjadi salah satu sumber penghasilan tambahan yang cukup menjanjikan.

7. Mengurangi Pembelian yang Tidak Terlalu Dibutuhkan

Atur anggaran pembelian. Sebaiknya, jika Anda ingin berbelanja, buatlah daftar belanjaan.
Hal ini akan mencegah Anda melakukan pembelian yang tidak penting. Jika uang belanja masih ada tersisa, silahkan disimpan ke dalam pos dana darurat.

[b[8. Sisihkan Uang Sisa yang Ada untuk Investasi[/b]

Tips mengelola keuangan saat pandemi corona adalah menyisihkan uang sisa untuk investasi. Investasi yang bisa dilakukan adalah membeli emas atau barang-barang yang bisa dijual lagi dengan harga yang lebih tinggi.

Jangan menginvestasikan uang pada barang elektronik, karena barang elektronik akan mengalami penurunan harga jika sudah berada di tangan kedua.

Sebaiknya investasikan uang pada lahan atau rumah. Karena harganya terus naik seiring bertambahnya tahun.

9. Dahulukan Membayar Hutang dan Tagihan Bulanan

Tips keuangan saat pandemi adalah dahulukan membayar tagihan dan hutang. Kenapa?
Sebab itu sudah menjadi kewajiban dan secara Islam, membayar hutang dapat melancarkan rezeki.

Selain itu, tagihan bulanan seringkali memiliki denda apabila dibayar terlambat. Oleh karena itu, dahulukan membayar tagihan sebelum biaya menjadi membengkak karena denda yang bertambah akibat terlambat membayar.

10. Beli Kebutuhan Pokok

Selanjutnya adalah membeli kebutuhan pokok terlebih dahulu.

Utamakan membeli beras, minyak goreng, sabun, gula, garam, dan bumbu dapur untuk kebutuhan sebulan terlebih dahulu. Hal ini untuk mengamankan kondisi bahan pangan terlebih dahulu agar keluarga tidak kelaparan.

Dan berjaga-jaga siapa tahu kondisi Anda anjlok di pertengahan bulan. Masa pandemi ini membawa kejutan yang tidak bisa diduga-duga.

11. Batasi Pengeluaran Konsumtif

Tips keuangan saat pandemi adalah membatasi pengeluaran konsumtif. Hentikan beberapa pengeluaran yang tidak perlu dan fokuslah untuk menghadapi masa pandemi ini.

12. Berhemat

Tips keuangan saat pandemi yang terakhir adalah berhemat. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa berhemat adalah kunci utama dalam pertahanan di masa pandemi ini.
Prinsipnya hanya satu: kenali antara keinginan dan kebutuhan. Jangan salah memilih di antara keduanya.


Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul 12 Tips Keuangan Saat Pandemi Covid 19 Lengkap




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code