pinterduit blog logo Pinterduit.com





Blog yang berisi tutorial, tips, trik, informasi, wiki, ensiklopedia dan materi pendidikan yang ditulis oleh para penulis terpilih.



Home » Hewan



Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan Dan Betina

Penulis Lepas • Hewan • 13 Sep 2020 • 10 Dilihat




Pinterduit.com - Kali ini kita akan membahas cara membedakan ikan cupang jantan dan betina. Ikan cupang atau yang punya nama resmi betta fish cukup banyak digemari, jika anda pemula ingin sekedar mengetahui kelamin ikan cupanh yang anda pelihara itu jantan atau betina. Berikut ini beberapa ciri yang membedakan ikan cupang jantan dengan betina.

Bentuk Tubuh



Yang pertama bisa dilihat dengan postur tubuh. Ikan cupang jantan biasanya bentuknya kecil dan panjang sedangkan ikan cupan betina bentuknya cenderung pendek dan gemuk.

Bentuk Sirip



Ikan cupang jantan biasanya mempunyai sirip yang lebih panjang dan lebih indah dibanding cupang betina karena sirip ini juga dipakai untuk merayu ikan cupang betina saat akan kawin.

Kecerahan Warna Tubuh



Warna ikan cupang jantan cenderung lebih cerah, sedangkan cupang betina cenderung mempunyai warna tubuh yang kusam.

Lubang Telur



Ikan cupang betina biasanya mempunyai lubang telur yang terlihat menonjol berupa bintik berwarna putih di bagian dekat perut. Lubang itu yang digunakan sebagai tempat keluarnya telur saat pemijahan.

Bagian Perut



Bentuk perut cupang betina yang siap kawin cenderung berbentuk lebih besar karena di dalamnya sudah berisi telur yang siap dibuahi pejantan.

Tingkat Agresivitas



Ikan cupang jantan cenderung lebih gesit dan agresif dibanding ikan cupang betina yang lebih banyak diam. Ikan cupang jantan juga suka menjelajah area yang lebih luas.

Membuat Gelembung Air



Ikan cupang jantan biasanya suka membuat gelembung air / busa. Hal ini dikarenakan ia menyukai kondisi air kolam tersebut, atau dia sedang menandai wilayah kekuasaannya. Atau bisa juga sebagai pertanda utama bahwa ikan cupang jantan sudah siap untuk kawin, karena gelembung tersebut berfungsi untuk menaruh telur agar bayi cupang (burayak) tidak tenggelam karena belum mahir berenang.

Penutup



Demikianlah beberapa ciri ciri yang dapat membedakan antara ikan cupang jantan dan betina. Semoga bermanfaat.

Sekian.


artikel ini telah terbit di pinterduit.com dengan judul Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan Dan Betina

Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code