pinterduit blog logo Pinterduit.com





Blog yang berisi tutorial, tips, trik, informasi, wiki, ensiklopedia dan materi pendidikan yang ditulis oleh para penulis terpilih.



Home » Pendidikan



Fakta Menarik Tentang Laut Merah

Penulis Lepas • Pendidikan • 11 Sep 2020 • 10 Dilihat




Pinterduit.com - Kali ini kita akan membahas fakta menarik seputar laut merah. Laut merah sangat terkenal di seluruh dunia karena masuk dalam kisah Nabi Musa bagi orang muslim ataupun nasrani pasti tahu kisah Nabi Musa (Moses) yang dikejar Firaun dan melarikan diri dengan mukjizat membelah laut merah agar para pengikut Nabi Musa bisa berjalan melewatinya dan setelah semua rombongan Nabi Musa berhasil menyeberang lalu air Laut Merah kembali seperti semula.

Terlepas dari kisah religius di masa lampau itu. Laut Merah tetaplah menarik untuk dibahas. Berikut beberapa fakta menarik mengenai laut merah.

Lokasi Laut Merah



Lokasi merah sangatlah strategis. Laut merah adalah penghubung antara benua Asia dengan Benua Afrika. Dan juga merupakan jalur perdagangan strategis. Jika ingin ke Eropa dari Asia menggunakan jalur laut harus mengitari benua Afrika yang memakan waktu dan biaya maka bagian utara Laut Merah dibuat Terusan Suez agar kapal dapat lewat dengan cepat tanpa harus mengitari Benua Afrika.

Luas Dan Kedalaman Laut Merah



Berikut ini adalah data luas dan kedalaman laut merah yang dikutip dari wikipedia.

Luas : 438.000 kilometer persegi
Panjang Maksimal: 2.250 kilometer
Lebar Maksimal: 355 kilometer
Kedalaman rata rata: 500 meter
Titik Terdalam: 2.211 meter

Warna Air Laut Merah



Pada dasarnya warna air Laut Merah adalah biru seperti pada umumnya namun terlihat menjadi merah karena banyaknya Alga Merah Trichodesmium erythraeum yang mati dan membuat air berwarna merah.

Nama Lain Laut Merah



Nama lain dari Laut Merah adalah Laut Teberau. Sedangkan dalam bahasa Arab disebut Bahrul Ahmar, dalam bahasa Ibrani disebut Yam Suf, dalam bahasa Tigrinya disebut qeyH baHri. Sedangkan orang Eropa sampai abad 20 menyebutnya sebagai Teluk Arab karena Laut Merah pada dasarnya adalah sebuah Teluk.

Air Laut Terasin Di Dunia



Laut Merah ternyata memiliki air laut terasin di dunia. Hal ini disebabkan karena lokasinya yang dangkal dan juga terletak di area Timur Tengah yang panas sehingga air lautnya mudah menguap dan konsentrasi garamnya tinggi.

Penutup



Demikianlah fakta menarik seputar Laut Merah semoga menambah wawasan anda.


artikel ini telah terbit di pinterduit.com dengan judul Fakta Menarik Tentang Laut Merah

Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code