pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home » Hewan



Kelebihan Memelihara Ikan Cupang

ERNDT • Hewan • 12 Sep 2020 • 5 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Kali ini saya akan membahas kelebihan beternak ikan cupang dibanding hewan lainnya.

Berawal dari mencari ide kira kira beternak apa ya yang paling memungkinkan untuk saya lakukan untuk mengisi waktu luang dan sukur-sukur bisa menghasilkan uang. Memang banyak sekali pilihan mulai beternak kenari, perkutut, lele, koi, nila, kambing, ayam kampung, ayam petelur. Dan karena basic saya adalah orang IT bukan peternak atau petani tapi saya ingin mencoba berkenalan dengan dunia ternak / breeding. Latar keluarga saya juga tidak ada yang punya history sebagai peternak. Saya ingin sekedar berkenalan sukur sukur menghasilkan. Maka terpilihlah ide beternak ikan cupang. Berikut alasannya.

Modal Murah



Untuk memulai berkenalan dan beternak budidaya ikan cupang tidak harus merogoh kocek dalam dalam. Cukup hanya dengan Rp. 23.000 saja sudah mulai bisa berkenalan dengan memelihara ikan cupang. Harga cupang per ekor Rp. 5.000 dan pakan Rp. 3.000 hanya dengan modal Rp. 23.000 saja sudah mendapat 4 ekor cupang dan pakan starter kit. Murah bukan jika dibanding memelihara burung kenari misalnya harga burung termurah Rp. 100.000 dan kandang Rp. 100.000

Kandang Mudah Gampang Murah



Untuk kandang ikan cupang tidak perlu kolam bermeter meter tanah atau kaca aquarium puluhan centimeter. Cukup botol air mineral gratis yang kita potong. Ikan cupang tidak wajib memerlukan kolam aquarium besar dan juga filter aerator tetap mampu bertahan hidup.

Biaya Pakan Murah



Ya pakan ikan cukup Rp. 10.000 saja per bulan untuk 10 ekor ikan cupang. Tidak seperti memelihara ayam kampung, lele , kambing yang biaya pakannya cukup besar, bisa mencapai Rp 100.000 lebih per bulan.

Tidak Terlalu Memakan Tempat



Kolam ikan cupang hanya berukuran sebotol air mineral saja. Tidak seperti lele, ayam , kambing yang butuh bermeter meter. Ya kalau kita anak sultan yang punya tanah nganggur dimana mana. Anak miskin seperti saya tidak punya warisan tanah dimana mana. Namun tetap bisa memelihara hewan ternak yaitu ikan cupang.

Banyak Peminat



Sudah bukan rahasia kalau ikan cupang banyak diminati anak TK, SD sampai dewasa sekalipun. Jadi pasar penjualannya cukup luas. Emak emak tidak akan keberatan jika anaknya membeli ikan cupang seharga Rp. 10.000 saja.

Tidak Gampang Mati



Jika dibanding beberapa hewan ternak lainnya ikan cupang cenderung mempunyai ketahanan yang bagus alias tidak gampang mati. Walau hidup dalam botol kecil tanpa aerator tanpa tumbuhan air. Ikan cupang tetap dapat bertahan hidup.


Sekian

Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Kelebihan Memelihara Ikan Cupang




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code