pinterduit blog logo Pinterduit.com

hasilkan uang dari menulis secara online







Home » Hewan



5 Penyebab Ikan Cupang Gagal Kawin

ERNDT • Hewan • 30 Sep 2020 • 19 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Kali ini kita akan membahas 5 penyebab ikan cupang gagal kawin (pemijahan gagal). Bagi anda breeder betta pemula yang mencoba melakukan pemijahan ikan cupang tapi gagal. Jantan dan betina tidak kawin tidak mengeluarkan telur. Berikut ini bisa jadi menjadi penyebabnya.

Usia Ikan Cupang


Umur ikan cupang yang siap dikawinkan rata rata mulai usia 4 bulan, namun bisa juga lebih. Hal ini menyebabkan gagal kawin karena usia mereka belum usia siap kawin. Atau juga bisa karena usia ikan cupang justru terlalu tua, sekitar 1.5 tahun. Cupang terlalu tua juga tidak baik dan menjadi penyebab cupang gagal kawin. Sama seperti manusia yang sudah kakek nenek, masa subur mereka sudah lewat jauh.

Betina Belum Full Telur


Walaupun usia cupang sudah lebih dari 4 bulan namun jika cupang female belum full telur maka ini bisa menyebabkan cupang female tidak mau kawin karena merasa belum siap.

Suasana Gaduh


Kolam atau baskom tempat pemijahan jika berada di tempat ramai tempat orang lalu lalang dan ada suara gubrak berkali kali maka menyebabkan ikan cupang males pdkt karena stress. Sama seperti anda pacaran diganggu terus lama lama malas dan stress. Maka dari itu jauhkan tempat pemijahan dari suara suara berisik yang bikin kaget ikan cupang. Lebih bagus lagi gunakan wadah berwarna pekat dan tutup dengan kertas karton atau semacamnya.

Sering Di Intip


Walaupun tempat pemijahan sudah ditutup tapi kalau sering diintip lama lama ikan cupang bisa stress. Sama seperti manusia. Ikan cupang juga butuh privasi. Lagi mantap mantap di tengah jalan di intip, bubaaarrr saja sudah. males.

Ukuran Cupang Jantan vs Betina


Ikan cupang yang dikawinkan harus punya ukuran yang seimbang. Jangan sampai terpaut jauh ukuran jantan maupun betina. Jika jantan terlalu kecil maka cupang jantan tidak akan mampu memeluk cupang betina dan membuahi telurnya. Begitupun sebaliknya jika cupang jantan terlalu besar , bisa jadi cupang betina malah takut, lari, stress tidak mau kawin.

Kesehatan Cupang


Penyebab gagal kawin lainnya bisa jadi karena cupang sedang dalam keadaan tidak sehat atau sakit. Baik itu cupang jantan maupun betina. Karena proses pemijahan butuh tenaga ekstra untuk cupang jantan membuat gelembung, menjaga telur, menjaga burayak. dan proses pembuahan telur yang butuh badan fit.

Kualitas Air Dan Lingkungan


Cupang tidak mau kawin bisa jadi karena tidak suka dengan tempat pemijahan seperti karena kualitas air tidak bagus dan dirasa tidak cocok oleh cupang untuk membesarkan anak anaknya. Misalnya saja baskom nya bekas tempat sambel, tempat oli, tempat bensin yang masih ada bau bau nya.

Penutup


Itulah 5 penyebab ikan cupang gagal kawin diantaranya karena usia, betina belum full telur, ukuran tidak seimbang, ikan sedang tidak sehat, suasana gaduh dan kualitas air. Semoga bermanfaat.

Sekian.

Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul 5 Penyebab Ikan Cupang Gagal Kawin





Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code