pinterduit blog logo Pinterduit.com

Dapatkan penghasilan dengan cara berkontribusi menulis artikel di situs ini









Home » Tokoh



Alan Turing (23 Juni 1912 - 7 Juni 1954)






Pinterduit.com - Alan Turing dengan nama lengkap Alan Mathison Turing adalah seorang matematikawan,ilmuwan komputer,pemecah kriptografi, logikawandan juga teoritis biologi berkebangsaan Inggris yang sangat berjasa di bidang komputer. Alan Turing menciptakan konsep dasar komputer sehingga bisa ada komputer seperti yang kita pakai saat ini.


foto Alan Turing

Kripto Analis Perang Dunia 2


Pada saat perang dunia berkecamuk. Tentara Jerman banyak menenggelamkan Kapal Perang tentara Sekutu (Inggris, Amerika) dengan kapal selam U-boat milik tentara Jerman. Kapal selam U-Boat ini melakukan komunikasi dengan pusat komando di Jerman menggunakan sebuah alat Enkripsi yang disebut Enigma Machine.


foto Bombe Machine / Christopher

Alan Turing beserta tim nya bertugas menganalisis dan memecahkan Enkripsi yang dihasilkan oleh Enigma Machine milik tentara Jerman. Setelah berbulan bulan mendesain sebuah alat pemecah Enkripsi maka selesailah dibuat sebuah alat pemecah enkripsi yang disebut Bombe Machine. Bombe Machine (atau dinamai juga Christopher oleh Alan Turing untuk menghormati teman sekolahnya sewaktu SMA) adalah sebuah komputer mekanis yang berfungsi untuk memecah pesan ternkripsi yang dihasilkan oleh Enigma Machine.


foto Enigma Machine- pengenkripsi pesan tentara Jerman


Turing Test Dan CAPTCHA


Pada tahun 1950 Alan Turing memperkenalkan sebuah test untuk menguji apakah sebuah komputer mampu memiliki kemampuan seperti manusia. Test ini disebut dengan Turing Test yang diperkenalkan melalui tulisan Alan Turing berjudul Computing Machinery And Intelligence. Turing Test dilakukan dengan menyembunyikan komputer dan manusia di balik tirai. Lalu penguji mewancarai mesin dan manusia tersebut lalu memutuskan mana yang mesin dan mana yang manusia. Jika jawaban respon keduanya mirip dan sulit dibedakan antara mesin dan manusia maka mesin tersebut lolos Uji Turing.

Turing Test juga menjadi cikal bakal CAPTCHA (yang berasal dari bahasa Inggris "capture" yang artinya menangkap") CAPTCHA adalah singkatan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart. Yaitu sebuah kebalikan dari Turing Test, jika Turing Test bertujuan untuk menguji apakah mesin sudah menyerupai manusia. Sedangkan Captcha bertujuan untuk menguji apakah lawan yang dihadapi benar benar Manusia. Captcha diciptakan pada tahun 2000 oleh Luis von Ahn, Manuel Blum, Nicholas J. Hopper (semua dari Carnegie Mellon University), dan John Langford (IBM). Penerapan Captcha pada dunia internet adalah untuo mencegah spammer misalnya dengan robot otomatis mendaftar jutaan akun, memposting artikel otomatis, berkomentar otomatis dsb.

Artikel ini masih dalam tahap pengembangan

Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Alan Turing (23 Juni 1912 - 7 Juni 1954)





Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code







space iklan

Saran Artikel



Alan Turing (23 Juni 1912 - 7 Juni 1954)

[b]Alan Turing[/b] dengan nama lengkap [b]Alan Mathison Turing[/b] adalah seorang [i]matematikawan[/i],[i]ilmuwan komputer[/i],[i]pemecah kriptografi[/i], [i]logikawan[/i]dan juga [i]teoritis biologi

Nikola Tesla (10 Juli 1856-7 Januari 1943)

Nikola Tesla adalah seorang ilmuwan di bidang fisika,kelistrikan dan mekanik. Nikola Tesla juga merupakan seorang penemu. Temuannya yang terkenal adalah sistem kelistrikan arus bolak balik [i]alterna


AIAndroidAnimeAsmaraBisnisBitcoinBloggerCerpenData ScienceFashionFilmForexGameHewanInternetKesehatanKeuanganKulinerLirik LaguOlahragaOpiniPendidikanPuisiSejarahStartupTanamanTeknologiTokohTravelUmum


space iklan

space iklan
pinterduit.com