pinterduit blog logo Pinterduit.com

Dapatkan penghasilan dengan cara berkontribusi menulis artikel di situs ini







Home » Blogger



Bagus Mana Blog Gado-Gado vs Niche Spesifik

Blogger • 30 Sep 2020 • 8 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Kita akan bahas sesuatu yang menjadi pertanyaan bagi blogger pemula termasuk saya sendiri. Antara blog gado-gado vs niche spesifik. Mana yang lebih bagus dan lebih menguntungkan ? Jawabannya adalah keduanya sama sama menguntungkan. Mau gado gado atau niche sama sama menguntungkan karena sama sama punya kelebihan dan kelemahannya. Dan berikut penjelasannya.

Pengertian Blog Gado Gado


Blog gado gado adalah sebutan untuk sebuah blog yang membahas topik campuran (gado gado) . Di dalam blog tersebut sebagai contoh membahas bisnis, hewan, tanaman, asmara seperti pinterduit blog . Blog tersebut membahas beberapa niche sekaligus. Apakah blog tersebut buruk ? Tidak juga.

Kelebihan Blog Gado Gado


Kelebihan blog gado gado diantaranya adalah

Topik Yang Luas


topik yang luas sehingga penulis tidak akan kehabisan ide menulis. Tidak hanya melulu membahas 1 topik sehingga saat kehabisan ide di topik tersebut dapat lompat ke niche lainnya.

Jangkauan Minat Audience Luas


Jika niched blog audience nya hanya orang orang yang menyukai topik tersebut sehingga jangkauan audience potensinya hanya segitu aja. Jika niched blog jangkauan pembaca hanya 100.000 orang maka blog gado gado potensi target audience nya bisa diatas 5.000.000 orang.

Kelemahan Blog Gado Gado


Kelemahan blog gado gado yang paling jelas adalah nilai CPM, CPC dari pendapatan iklan kecil. Karena target audience nya masih luas maka pengiklan tidak akan berani membayar mahal karena akan berat untuk mencapai ROI (return of investment) . Sebagai contoh jika sebuah blog khusus membahas bitcoin, maka advertiser berani membayar hingga Rp. 10.000 per klik nya untuk mempromosikan barang dan jasanya yang berkaitan dengan bitcoin. Sedangkan jika blog Gado gado (target audience masih luas) maka pemasang iklan hanya berani membayar Rp. 500 per klik nya.

Pengertian Niched Blog


Blog niched adalah sebuah blog yang hanya membahas 1 topik saja. Misalnya blog yang hanya membahas bitcoin saja.

Kelebihan Niched Blog


Kelebihannya seperti yang sudah disebutkan diatas. Kelebihan niched blog adalah memiliki nilai CPM dan CPC yang besar karena iklannya tertarget. Para pembaca merupakan orang orang yang menyukai bidang tersebut maka advertiser rela dan berani membayar tinggi untuk memasang iklan di blog tersebut.

Kelebihan lainnya adalah blog tersebut lebih mudah dalam menentukan kategori
.Misalnya sebuah AI ingin mendeteksi dan mengkategorikan blog tersebut masuk blog apa apakah bisnis, hewan, tanaman. Maka sebuah AI akan lebih mudah menentukan niche website tersebut.

Sehingga niched blog lebih mudah diterima jaringan periklanan seperti Google Adsense, Cryptpcoinads, MellowAds dsb dibanding niche gado gado.

Kelemahan Niched Blog


Kelemahannya juga kebalikan yang sudah disebutkan diatas. Potensi pembaca niched blog hanyalah sedikit karena memang hanya orang orang yang menyukai topik tersebut yang akan berkunjung ke blog. Misalnya blog membahas bitcoin maka pecinta kucing dan masak memasak tidak akan berkunjung ke blog tersebut.

Kesimpulan


Jadi kesimpulannya blog gado gado maupun niched sama sama menguntungkan jika dirawat dengan baik. Asumsinya seperti ini. blog gado gado cuma dapet Rp. 500 tapi 5.000.000 kali. sedangkan blog niched bisa dapet Rp. 10.000 tapi cuma 100.000 kali. Jadi jatuhnya hampir sama.


Sekian.

Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Bagus Mana Blog Gado-Gado vs Niche Spesifik





Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code