pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home » Internet



Geev Mesin Pencari Asli Indonesia ?

ERNDT • Internet • 18 Aug 2020 • 44 Dilihat • publish




Pinterduit.com - sempat cukup viral digembar gemborkan bahwa Geev adalah mesin pencari asli buatan Indonesia, buatan seorang mahasiswi Indonesia. Geev mengusung semboyan give while searching. Artinya kalo tidak salah sekitar 80% dari pendapatan Geev disumbangkan untuk kegiatan sosial dan 20% nya digunakan untuk pengembangan dan operasional.

Tapi sebenarnya Geev tidak bisa disebut pure mesin pencari buatan Indonesia, karena sebenarnya Geev hanya memanfaatkan API dari mesin pencari dari Microsoft yaitu Bing.

Pada beberapa tahun lalu sempat viral FPI yang memboikot penggunaan produk barat termasuk mesin pencari Google dan mengklaim menggunakan Geev sebagai penggantinya. Namun sebenarnya Geev ini kan core engine dan database nya dari Bing yanh juga buatan barat.

Apakah ada kaitannya dengan itu mengapa Geev sekarang sudah tidak bisa diakses dan bahkan domain Geev.com sudah dijual dan dibeli sebuah perusahaan yang berasal dari Perancis.

Beberapa hari yang lalu saya coba mengakses Geev.com dan website tersebut down alias tidak bisa diakses, dan saya coba lagi ternyata domain tersebuy sudah beda pemilik.

Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Geev Mesin Pencari Asli Indonesia ?




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code