pinterduit blog logo Pinterduit.com





Blog yang berisi tutorial, tips, trik, informasi, wiki, ensiklopedia dan materi pendidikan yang ditulis oleh para penulis terpilih.



Home » Bisnis



Cara Beternak Ikan Cupang

Penulis Lepas • Bisnis • 22 Aug 2020 • 77 Dilihat




Pinterduit.com - Kali ini kita akan membahas cara beternak ikan cupang. Ikan cupang adalah salah satu jenis ikan hias yang indah dipandang dan juga mudah dipelihara (tidak mudah mati) walau dipelihara di dalam botol berukuran kecil tanpa air mengalir.

Penjodohan Ikan Cupang



Pertama tama kita harus menjodohkan terlebih dahulu cupang jantan dan betina. Caranya siapkan wadah . semacam tupperware ukuran 30x20 cm dengan ketinggian air 5cm. Taruh penjantan terlebih dahulu. Lalu masukkan juga betina namun masih didalam sekat, bisa menggunakan aqua gelas yang dipotong bagian dasarnya. Taruh betina ini pada sore hari diatas jam 3 sore. Lalu tutup tupperware dengan kertas karton namun tetap berikan celah udara.

Penjantan Membuat Gelembung



Tanda tanda ikan cupang siap kawin adalah pejantan membuat gelembung gelembung air sebagai nanti tempat menaruh telur ikam cupang.

Angkat Sekat Cupang Betina



Setelah cupang jantan membuat gelembung telur artinya ikan tersebut siap kawin. Buka sekat ikan cupang betina pelan pelan pada sore hari juga diatas jam 3 sore. Tutup lagi dengan karton biarkan selama sehari agar terjadi proses pemijahan.

Proses Pemijahan



Setelah ditutup selama sehari menggunakan karton maka akan terjadi proses pemijahan. Atau cupang betina sudah bertelur. Setelah itu ambil cupang betina dari kolam pemijahan secara pelan pelan. Dan obati cupang betina dengan obat biru atau garam ikan agar sembuh dari luka luka infeksi.

Biarkan pejantan tetap di kolam pemijahan katena akan menjaga telur telur ikan cupang, saat sudah menetas menjadi burayak. Jika burayak terjatuh ke dasar maka akan ditolong oleh ikan cupang jantan dinaikkan lagi ke dalam gelembung. Karena burayak belum bisa berenang saat baru menetas.

Angkat Ikan Cupang Jantan


Setelah burayak bisa berenang angkat pelan pelan ikan cupang jantan dan pindahkan burayak ke kolam pembesaran. Karena air kolam pemejahan sudah sangat kotor maka harus dipindahkan ke kolam pembesaran yang baru.

Persiapan Kolam Pembesaran



Siapkan wadah lainnya dengan ukuran yang lebih lebar dan ketinggian air yang sama. Encerkan garam ikan secukupnya. Dan rendam daun ketapang secukupnya.

Proses Pemindahan



Burayak sangat sensitif terhadap perubahan suhu air. Maka dari itu burayak harus diperkenalkan terlebih dahulu dengan suhu air kolam pembesaran. Caranya dengan mencelupkan tupperware berisi burayak tadi selama 5 jam ke kolam pembesaran sampai suhu keduanya sama. Setelah itu tuang pelan pelan burayak ke dalam kolam pembesaran. Ampas kotoran tidak perlu ikut dicampur. Bisa dipisah dengan bantuan sendok.

Selesai


Demikianlah cara sederhana dan mudah budidaya ikan cupang. Selamat mencoba.

Kisaran Harga Cupang



Kisaran harga cupang dari yang paling murah sekitar Rp. 6.000 sampai dengan Rp. 2.000.000


artikel ini telah terbit di pinterduit.com dengan judul Cara Beternak Ikan Cupang

Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code