pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home » Blogger



Cara Mengatasi Dan Menolak Jingling

ERNDT • Blogger • 23 Sep 2020 • 62 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Kali ini kita akan membahas cara ampuh mengatasi jingling. Jingling sendiri adalah tindakan spam dengan cara mengirim trafik ke sebuah website menggunakan bot.

Pengertian Jingling


Jingling adalah tindakan mengirim pengunjung palsu menggunakan program auto visitor, bot visitor atau bisa juga dengan menggunakan traffic exchange, view4view, visit4visit, like4like,traffic spirit

Dampak Jingling



Memang secara uptime server tidak akan mempengaruhi uptime server. Jingling yang level rendah tidak akan membuat server down. Hanya saja akan mengotori traffic analytic. Akan membuat pageview melonjak naik. Dan jika menggunakan ads seperti google adsense dapat menyebabkan akun google adsense disuspend hingga banned.

Alasan Orang Melakukan Jingling


Biasanya alasan utama orang melakukan jingling karena iri melihat kesuksekan blog kita, para haters kaleng kaleng inilah barisan sakit hati yang merasa blog buatanna tidak mampu bersaing secara sehat lalu melakukan jingling. Blogger yang sudah sukses tidak akan menyibukkan diri dengan melakukan jingling tapi akan lebih fokus membuat konten yang bermanfaat dan berkualitas.

Cara Melakukan Jingling



Jingling murahan biasanya dilakukan dengan menggunakan tools yang dibuat dari blogspot yang dipasang script auto visitor. Jingling lainnya dilakukan dengan menggunakan aplikasi pertukaran pengunjung (traffic exchange) seperti hitleap, traffic spirit, 1khit dsb. Atau juga bisa menggunakan program DDOS low orbit ion canon (loic)

Cara Mengatasi Jingling Menggunakan Cloudflare



Kita dapat mengatasi jingling menggunakan CDN dari cloudflare. Cloudflare adalah layanan CDN gratis dan berbayar. Cloudflare berfungsi untuk mempercepat website kita menggunakan caching dan membantu mengamankan website kita dari serangan DDOS atau dalam hal ini adalah jingling. Caranya cukup mudah, buat akun di cloudflare tambahkan situs dan ganti nameserver kita menggunakan nameserver yang telah disediakam cloudflare dan pada DNS ZONE aktifkan proxified via cloudflare. Selanjutnya aktifkan fitur "im under attack" show javascript challange. Maka cloudlfare akan menyaring trafik yang buruk. Jika sekiranya sumber trafik mencurigakan maka cloudflare akan menampilkan captcha sebelum dapat melanjutkan mengakses website.

Cara Mengtasi Jingling Dengan Code Sendiri



Jika situs anda menggunakan native cms buatan sendiri dan menggunakan hosting sendiri. Anda dapat mengatasi jingling dengan memfilter pengunjung berdasar parameter seperti useragent, referer, cookie,ip dsb. Deteksi parameter mana trafik yang buruk lalu blokir trafik tersebut.

Misalnya
jika useragent == hitleap
maka
blokir

atau bisa juga dengan mendeteksi frekuensi hit misalnya

if ($hit > 5){
header('Location:captcha.php');
die;
}

atau bisa juga dengan mendeteksi ip dan menyimpannya sehingga walaupun tukang jingling menghapus cookie namun alamat IP nya sudah terekam. Contoh kode nya

if($jumlah_ip > 5){
header('Location:captcha.php');
die;
}

selain itu dapat menggunakan durasi refresh. Jika pengunjung melakukan refresh dalam jarak kurang dari 5 detik maka kita cegat trafik tersebut dengan captcha.

Cara Keliru Menolak Jingling


Ada hal yang membuat saya geleng geleng kepala. Seorang blogger mengajarkan cara menolak jingling namun cara yang diajarkan keliru dan salah kaprah. Yaitu menolak jingling dengan cara Disavow Link.

Hal ini sangat terlihat konyol dan menyesatkan. Disavow link adalah mengingkari (tidak mengakui sebuah backlink), misalnya ada situs lain yang melakukan linking ke blog kita. Kita tidak kuasa meminta pemilik blog untuk menghapus link tersebut. Maka kita bisa melakukan disavow link melalui dashboard google search console yang lama. Tujuan dari disavow link adalah untuk menghapus backlink berkualitas rendah yang menyebabkan spam score blog kita naik dan peringkat rank google kita turun. Diharapkan dengan melakukan disavow link ini maka reputasi blog kita akan menjadi bersih dan ranking blog menjadi naik. Jadi disavow link sama sekali tidak ada kaitannya dengan jingling.


Demikian salah satu cara ampuh mengatasi jingling, semoga bermanfaat.

Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Cara Mengatasi Dan Menolak Jingling




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code