pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home » Internet



Kelebihan Kelemahan Meteran PLN Pulsa

ERNDT • Internet • 1 Aug 2020 • 113 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Berikut ini adalah kelebihan dan kelemahan berlangganan listrik PLN menggunakan meteran prabayar (token pulsa). PLN prabayar adalah perhitungan listrik dimana kita harus membayar terlebih dahulu di depan, yang sering kita sebut pulsa listrik. Kita membayar listrik dengan cara membeli pulsa listrik melalui konter hp atau beli secara online di marketplace lalu kita mendapatkan kode untuk diinputkan ke meteran listrik. Harga nya adalah per kwh, misalnya per kwh harganya sekitar 2 ribu rupiah.

Sedangkan meteran PLN model lama (pascabayar) masih model analog, ada gerigi yang perputar di dalam meteran. Cara pembayarannya di tempat saya biasanya melalui pak RT, setiap awal bulan pak RT keliling membagikan faktur tagihan listrik.

Masing masing meteran listrik baik prabayar maupun pascabayar punya kelebihan masing masing, Berikut ini kelebihan dan kelemahan meteran PLN prabayar (token pulsa).


Kelebihan Meteran PLN Token Pulsa

Tagihan Listrik Lebih Terkontrol

Kalau memakai pulsa listrik enak, tagihan lebih terkontrol. Kita punya uang segini ya beli nya segini sesuai kemampuan. Tidak seperti jika memakai pascabayar, asik asik memakai alat alat listrik dengan watt tinggi seperti mesin cuci, pompa air, setrika, mejik kom, kompor listrik. Akhir bulan tahu tahu tagihan meledak 4x lipat. Maka dari itu dengan menggunakan token listrik tagihan lebih terkontrol, jika kwh nya habis ya mati, tidak seperti prabayar yang loss tanpa rem.

Meteran Digital Lebih Canggih

Kelebihan lain adalah meteran lebih canggih dibanding model lama. Ada alarm saat kwh hampir habis akan berbunyi tit tit tit sampai kwh diisi kembali.Meteran mempunyai keypad yang bisa kita gunakan untuk mengecek kwh terpakai, sisa kwh,beban saat ini, voltase dsb.

Bayar Lebih Gampang

Kalau model lama hanya bisa dibayarkan melalui pak RT, namun model PLN token pulsa ini kita bisa beli di konter hp, Indomaret, Alfamart, Tokopedia, Bukalapak dsb. Cukup beli dari rumah memakai sistem pembayaran online atau dompet digital.


Kelemahan Meteran PLN Token Pulsa

Namun ada kelemahan yang sering ditemui yaitu meteran PLN sering error, seperti anjlok mcb nya dan tidak mau nyala lagi walau MCB sudah di on kan, pulsa error tidak berkurang, atau muncuk tulisan "periksa" dan tidak bisa input token, harus menghubungi petugas PLN untuk direset menggunakan kode clear tamper.


Itulah kelebihan meteran PLN prabayar model token pulsa semga bermanfaat.



Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Kelebihan Kelemahan Meteran PLN Pulsa




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code