pinterduit blog logo Pinterduit.com

Ensiklopedia, tutorial, tips trik, wiki, materi pendidikan. Ingin jadi penulis? Buat akun sekarang







Home » Internet



Kelemahan AMP HTML Google

ERNDT • Internet • 2 Aug 2020 • 138 Dilihat




Pinterduit.com - Apa benar amp google benar benar dapat meningkatkan trafik ? Berikut opini saya. AMP adalah proyek yang digagas google untuk membuat sebuah web agar dimuat lebih cepat saat dibuka menggunakan perangkat mobile (accelerated mobile page) karena salah satu kriteria penilaian website yang bagus adalah kecepatan waktu muat harus dibawah 2 detik.

Amp google memang membuat halaman lebih cepat saat dimuat menggunakan perangkat mobile. Tapi apakah benar bisa meningkatkan trafik. Berdasar banyak laporan studi kasus, impresi dan klik halaman versi amp hanya mendapat porsi sekitar 25% kebawah. Karena memang pada kenyataannya tidak semua orang mengakses website kita menggunakan perangkat mobile.

Kalau hanya meningkatkan pengunjung sebesar 25% saja , masih banyak cara lain yang bisa dilakukan selain menggunakan amp html. Untuk meningkatkan kecepatan situs juga tidak hanya menggunakan amp html saja, masih banyak cara lain yang dilakukan seperti menggunakam cloudflare, caching berat, load ballance , lazyload dsb.

Dan menurut saya pribadi proyek amp ini masih premature dan belum sempurna. Justru lebih banyak kerugiannya dibanding keuntungannya.

Kelemahan menggunakan html amp adalah kita tidak leluasa dalam penggunaan script sehingga kita tidak bisa memasang kode iklan sembarangan. Hanya beberapa jaringan periklanan saja yang sudah mendukung amp html seperti google adsense dan juga mgid. Lalu bagaimana jika kita menggunakan periklanan lain seperti adsterra, exoclick yang belum mendukung amp html. Lagi lagi amp html ini justru membuat kerugian karena kita tidak dapat memonetize website kita.

Itulah kelemahan amp html yang menurut saya lebih banyak kekurangannya dibanding kelebihannya.


Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Kelemahan AMP HTML Google




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code