pinterduit blog logo Pinterduit.com

Platform ngeblog asli buatan lokal, menulis itu untuk melepas beban bukan untuk menambah beban







Home » Bitcoin



Kelemahan Bitcoin

ERNDT • Bitcoin • 2 Aug 2020 • 139 Dilihat • publish




Pinterduit.com - Berikut ini adalah kelemahan bitcoin sebagai alat pembayaran dan juga sebagai alat menyimpan kekayaan.

Bitcoin memang mencapai popularitas dengan sangat cepat. Dari harga 400 ribu sekitar tahun 2010 dan menjadi 200 juta pada 2019. Sehingga banyak orang awam tertarik dan ikut berbondong bondong memborong dan menggunakan bitcoin. Tapi tahukah kamu bahwa bitcoin juga mempunyai kelemahan yang harua diwaspadai.

Berikut ini adalah beberapa kelemahan bitcoin itu.

Transaksi Tidak Bisa Dibatalkan

Jika kita menggunakan bank sebagai alat pembayaran. Jika kita salah transfer atau menjadi korban penipuan maka kita bisa menghubungi pihak bank untuk dibekukan sementara dan jika terbukti dapat dilakukan refund atau pengembalian. Namun jika menggunakan bitcoin kita salah menginput wallet address atau menjadi korban penipuan. Maka wassalam, bitcoin kita melayang tanpa ada kesempatan untuk dibatalkan atay dikembalikan karena teknologi bitcoin yang disebut blockchain, saat block sudah dikunci ditumpuk transaksi lain maka tidak ada harapan untuk membuka kunci mengotak atik atau mengembalikannya lagi.


Biaya Kirim Bitcoin Mahal Dan Semakin Mahal

Banyak artikel mengenalkan bitcoin dengan biaya transaksi (kirim bitcoin yang murah) . Eits tunggu dulu , murah dari mana nya boss. Untuk mengirim bitcoin rata rata dikenakan fee sebesar 50 ribu rupiah. Bisa sih disetting ke rendah tapi nanti harua nunggu berjam jam baru saldo bitcoin terkirim. Kalau untuk urusan bisnis yang butuh kecepatan tentu ini tidak efektif dan boros biaya.


Waktu Pengiriman Bitcoin Yang Lama Dan Semakin Lama

Bitcoin menggunakan data terdecentralized yang artinya data disebar ke setiap peer. Lama kelamaan ukuran data blockchain ini semakin besar dan tingkat kesulitan dalam memproses transaksi juga semakin berat, otomatis waktu yang dibutuhkan juga lama. Inilah kelemahan bitcoin yang ditemui oleh para developer. Waktu kirik bitcoin lama lama bisa berjam jam. Maka dari itulah diciptakan bitcoin generasi berikutnya untuk mengatasi masalah ini. Tapi memunculkan coin baru dari proses hardforking ini diantaranya bitcoin gold, bitcoin cash, bitcoin diamond dsb yang merupakan produk turunan dari bitcoin.




Artikel ini diterbitkan untuk Pinterduit.com dengan judul Kelemahan Bitcoin




Bagikan Artikel Ini
full html code

link

BB Code